Foto: Ketua DPRD Berau Madri Pani

Tanjung Redeb – Masih adanya beberapa Puskesmas di Kabupaten Berau yang hingga saat ini belum mendapatkan akreditasi, mendapatkan perhatian serius ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Berau.

Ketua DPRD Berau, Madri Pani mengatakan, bahwa Pemerintah Daerah (Pemda) terkhusus Dinas Kesehatan (Dinkes) agar segera melengkapi kekurangan Puskesmas tersebut agar segera mendapatkan akreditasi.

“Ya kalau memang syaratnya harus melengkapi alat-alat medis yang ada dan juga Tenaga kesehatan harus segera mungkin di lengkapi,” ujarnya.

Menurut Madri Pani,  jika Puskesmas itu sudah terakreditasi, maka pelayanan kepada masyarakat bisa lebih maksimal lagi, karena alat-alat medis dan tenaga kesehatan itu memadai.

“Kalau udah terakreditasi artinya kan Puskesmas itu sudah layak untuk masyarakat, terutama masyarakat yang jauh dari rumah sakit, ” tambahnya.

Bahwa, hingga saat ini ada empat puskesmas yang belum terakreditasi, Adapun empat puskesmas yang belum terakreditasi yaitu puskesmas Long Boy, Long Alay, Merapun dan puskesmas Segah, tiga puskesmas yang berada di kecamatan kelay terbilang masih baru.

“Meski Puskesmas itu masih baru, Dinkes sendiri harus sesegera mungkin meningkatkan akreditasi Puskesmas tersebut, karena ini menyangkut masyarakat luas,” tambahnya.
Terlebih empat puskesmas yang belum terakreditasi ini terbilang jauh dari Rumah Sakit Abdul Rivai, karena Kecamatan Segah dan Kecamatan Kelay sendiri membutuhkan waktu beberapa jam untuk sampai ke Rumah Sakit.

“Harus sesegera mungkin, kalau bisa tahun ini empat puskesmas yang belum terakreditasi bisa segera terakreditasi,  jangan sampai pelayanan masyarakat ini terkendala oleh kurangnya alat kesehatan atau tenaga kesehatan yang berada di puskesmas tersebut, ” tutupnya. (ADV)