Reporter : ⁠Dini Diva Aprilia
|
Editor : Syaifuddin Zuhrie

TANJUNG REDEB,- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Berau akhirnya menetapkan pimpinan definitif periode 2024-2029.

Dedy Okto Nuryanto dari partai Nasdem ditunjuk sebagai Ketua DPRD Berau. Nasdem berhasil mengamankan 5 kursi pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024, yang memberikan hak untuk partai tersebut menempatkan kadernya sebagai pimpinan dewan.

Dedy Okto tidak sendirian, Ia akan didampingi oleh Subroto dari partai Golongan Karya (Golkar) serta Sumadi dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang masing-masing menjabat sebagai wakil ketua DPRD Berau masa jabatan tahun 2024-2029.

Penetapan pimpinan definitif tersebut dilakukan dalam rapat yang digelar pada Senin (21/10/2024), dipimpin oleh Ketua sementara DPRD, Liliansyah dan Wakil Ketua sementara, Elita Herlina.

“Sebanyak 18 orang dari 30 anggota DPRD Berau hadir dalam rapat hari ini,” ucap ketua sementara, Liliansyah pada Berauterkini.co.id

Menurutnya, rapat ini merupakan langkah penting dalam mempercepat proses kepemimpinan DPRD yang baru.

Setelah pembentukan unsur pimpinan dan alat kelengkapan dewan yang telah diatur dalam pasal 163 dan 164 UU 23 tahun 2014 yang isinya, pimpinan DPRD atas satu orang ketua dan dua wakil ketua DPRD kabupaten atau kota yang beranggotakan 20 sampai 44 orang.

“Tiga unsur pimpinan yang ditunjuk berasal dari partai politik berdasarkan urutan perolehan kursi terbanyak,” ujarnya.

Liliansyah mengucapkan terimakasih kepada semua anggota DPRD Berau atas kerjasamanya hingga puncak tahapan rapat paripurna penetapan pimpinan definitif DPRD Berau masa jabatan 2024 hingga 2029.

Sementara, disampaikan ketua DPRD terpilih, Dedy Okto Nuryanto ia tinggal menunggu semua prosesnya berjalan. Seminggu Setelah penetapan kata dia, baru akan dilakukan paripurna.

“Alhamdulillah terima kasih saya telah diberikan kepercayaan oleh masyarakat Berau,” tandasnya.(*/adv)