Penulis : admin

Foto: Kondisi trotoar jalan yang rusak usai ditabrak kapal angkutan barang Selasa 4 Januari 2022

TANJUNG REDEB, – Kerusakan akibat Insiden kapal menabrak sheet pile jalan Ahmad Yani Tanjung Redeb diminta segera dilakukan perbaikan. Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Berau, minta penggantian rugi harus sesuai kajian.

Kepala Dinas PUPR Berau, Taupan Majid menjelaskan insiden ini merupakan keempat kalinya terjadi. Pihaknya akan melakukan detail turap terlebih dahulu, dan melihat kajian pembentukan turap tersebut. Apalagi, panjang kerusakan kurang lebih 10 meter.

“Ini kan saling mengikat sepanjang tepian jadi harus hati-hati dalam mengerjakannya. Tidak bisa direkayasa,” bebernya, Selasa (4/1/2022).

Apalagi daerah tepian juga bukan hanya semata untuk menahan air sungai, namun lokasi wisata dan pedagang PKL aktif.

“Untuk pengamannya ini sudah ada kajiannya, tinggal mencari dana lagi,” bebernya.

Sebelum perbaikan juga akan menyertakan ahli dan melihat ke bagian bawah sungai, apakah ada penyanggah yang rusak. Jadi harus diperbaiki dari bawah langsung.

Permintaan pemkab Berau tidak harus langsung dengan pengaman turap, namun harus kembali kesedia kala dan sesuai dengan kajian pembangunan tanpa ada rekayasa.

“Targetnya secepatnya jangan sampai air sungai pas sedang debit tinggi, bisa membanjiri wilayah. Segera kami akan duduk bersama dengan pihak kapal,” tutupnya. (*)