TANJUNG REDEB – Langkah untuk menyucikan harta,  Bupati Berau, Sri Juniarsih, bersama keluarganya secara sah telah memberikan zakat harta kepada Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Berau senilai Rp100 juta, pada gelaran buka puasa bersama dengan para awak media dan organisasi kedaerahan, di Balai Mufakat, Kamis (29/3/2024).

Selama kurang dari 4 jam agenda itu berlangsung, Baznas berhasil mengumpulkan zakat sebanyak Rp1,5 miliar yang diberikan oleh para tamu undangan bukber Bupati Berau tersebut.

Pemberian zakat tersebut, merupakan agenda rutin bupati dalam hari besar umat muslim setiap tahunnya. Dengan niatan untuk menyucikan harta dari segala macam kotoran yang melekat di dalam setiap penghasilan yang diperoleh oleh keluarga bupati.

“Ini untuk menyucikan kembali harta yang kita miliki, agar terhindar dari marabahaya,” kata Umi Sri – sapaan Sri Juniarsih.

Selain itu, dalam pengetahuan agama Islam yang dimiliki bupati perempuan pertama di “Bumi Batiwakkal” tersebut, zakat fitrah yang dikeluarkan dari orang mampu akan dilipatgandakan oleh Allah SWT.

Sehingga, disebutkan tidak ada orang yang dimiskinkan oleh Sang Pencipta, karena berbagi hartanya dengan orang yang kurang beruntung dari sisi finansial.

“Harta itu akan tumbuh dan berkembang. Dibersihkan oleh Allah SWT,” tuturnya.

Harta yang bersih lantaran berzakat, lanjutnya, akan menjauhkan pemiliknya dari marabahaya. Tidak diterpa masalah yang dapat membuat keluarga kesulitan dalam menjalani hidup di dunia.

“Bersihkan gaji bulanan kita itu, agar dijauhkan dari masalah oleh Allah SWT,” sambungnya.

Diharapkan, dengan uluran tangan kebaikan dari masyarakat akan memberikan kemudahan dan kebahagiaan bagi orang yang kurang mampu di “Bumi Batiwakkal”.

Sebab, menurutnya, hari raya harus dirayakan dengan suka cita semua kalangan, tanpa memandang golongan sosial di masyarakat.

“Sukacita kita dalam menyambut hari yang fitri, bisa kita rayakan bersama-sama,” ucapnya.

Sementara itu, dari laporan Baznas Berau, melalui Wakil Bidang Perencanaan Keuangan dan Pelaporan, Damawi Buchori, menyampaikan bila pada 2023 lalu Baznas Berau berhasil mengumpulkan dana umat senilai Rp 14,5 miliar dengan realisasi penyaluran dana umat tersebut mencapai Rp 13,9 miliar.

Penyaluran zakat tersebut dilakukan melalui beberapa program pemerintah, seperti Berau Cerdas, Makmur, Peduli, Sehat dan Taqwa.

“Alhamdulillah, atas sinergi antara pemerintah dan perusahaan di Berau, Baznas dan stakeholder mendapatkan penghargaan dari Baznas pusat,” ucapnya. (*/ADV)

Reporter : Sulaiman

Editor : s4h