Penulis : admin

Foto: Perbaikan gapura KM 5 oleh DPUPR Berau. 

TANJUNG REDEB- Pembangunan gapura selamat datang di perempatan kilometer 5, Tanjung Redeb dan Teluk Bayur, akan dituntaskan pada 2024 mendatang.

Ya, bangunan yang diperkirakan memakan anggaran sekira Rp 4,6 miliar itu, tahun ini dikerjakan hanya sebatas bangunan fisik. Disampaikan PPK Pengerjaan Gapura Selamat Datang DPUPR Berau, Rendra mengatakan untuk tahun ini, pengerjaannya masih tahap pertama.

“Adapun penyelesaiannya atau tahap kedua, diselesaikn di murni tahun depan,” katanya.

Dia menyampaikan, pembangunan dilakukan secara bertahap. Yakni, untuk tahun 2023 dianggarkan dengan pagu Rp 2,9 miliar untuk pengerjaan fisiknya. Sementara tahun depan, akan dianggarkan kembali senilai Rp 1,7 miliar.

Adapun yang membuat pembangunan gapura itu menjadi mahal, yakni dibagian gapura dipasangi videotron yang berukuran 6×4 meter. Desainnya, seperti setengah cincin yang bertemu di tengah. Desain ini kata dia, juga menganut kerukunan antara dua Kesultanan. Yakni Gunung Tabur dan Sambaliung.

“Jadi tahun ini kita bangun bangunan tengah, plus videotron. Untuk tahun depan, InshaAllah bagian sayap kiri dan kanan serta penutup juga dibangun dengan material ACP,” paparnya

Alat penutup bermaterial ACP ini merupakan Alumunium Composite Panel, merupakan material kuat dan minim maintenance, atau perawatan. Sehingga, tidak perlu pengecatan, lebih terlihat rapi karena dia berbentuk lembaran rata. Pengecetannya pun langsung dari pabrikasi.

“Jadi konstruksi gapura ini kebanyakan material pabrikasi. Rangka baja, penutup ACP, dan videotronnya juga,” katanya.

Ketika ditanya kendala. Rendra mengatakan sejauh ini tidak ada kendala berarti. Hanya, ketika hendak melakukan pembangunan bagian gapura di sekitar kira kanan jalan, sempat terhalang izin dari Balai Jalan Nasional dan kabel Telkom yang melintang.

Namun, hal itu sudah diselesaikan. Dirinya optimis, pembangunan gapura tahap pertama dapat selesai tepat waktu. Apalagi, materialnya kebanyakan pabrikasi dan sudah siap. Untuk diketahui pengerjaan gapura tersebut dikerjaken oleh CV. Radityatama Jaya.

“Untuk sekarang sedang pengerjaan pondasi. Optimis tahap pertama ini tuntas, sesuai kontrak selesai akhir Desember,” pungkasnya. (/)

Reporter: Hendra Irawan