Penulis : admin

KUKAR,- Bantuan keuangan dari Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara melalui program pembangunan Rp 50 juta per Rukun Tetangga (RT) sudah bisa dirasakan manfaatnya.

Lurah Maluhu, Kabupaten Kutai Kartanegara Tri Joko Kuncoro melaporkan bantuan itu telah bersalin menjadi infrastruktur dan pemberdayaan masyarakat. Tersebar di 24 RT di Kelurahan Maluhu.

“Mulai dari peningkatan infrastruktur jalan, pembangunan pos kamling, pelatihan kewirausahaan dan gotong royong menjaga kebersihan RT,”

Joko begitu ia karib disapa menjelaskan, sejak awal 2023 ini, kelurahan telah mendampingi RT menyusun rencana kegiatan program tersebut. Agar tidak terjadi kesalahan administrasi, tim ahli pendamping kelurahan dilibatkan.

“Tujuannya agar kegiatan tepat sasaran dan sesuai petunjuk teknis dari pemerintah daerah,” katanya.

Dengan modal itu, Joko yakin, 24 RT di Kelurahan Maluhu yang menjalankan program sejak Januari 2023 ini bisa segera rampung.

Setelah anggaran direalisasikan, seluruh kelompok kerja di RT wajib melaporkan Surat Pertanggungjawaban (SPJ) kepada kelurahan.

Sosialisasi tentang pelaporan SPJ juga sudah digelar dan siap dipandu pendamping kelurahan dan kabupaten.

“Dalam bulan ini, atau paling lambat bulan depan, seluruh program sudah direalisasikan,” kuncinya. (*adv/diskominfokukar)