Penulis : admin

KUKAR,- Keterbatasan anggaran dan tenaga kesehatan tak menjadi halangan bagi Kecamatan Loa Janan menghadirkan pelayanan kesehatan prima. Berbagai siasat dijalankan agar ibu hamil, balita dan anak di kecamatan itu mendapatkan pelayanan kesehatan terjangkau dekat dengan permukiman.

Sekretaris Camat Loa Janan, Muhammad Amrizal menjelaskan, Posyandu Prima bisa menjadi solusi sementara menghadirkan pelayanan kesehatan warga di desa-desa di Kecamatan Loa Janan.

Mengingat, Bantuan Keuangan Khusus Desa (BKKD) untuk Puskemas Loa Janan terbatas. Di sisi lain, tenaga kesehatan juga terbatas.

“Puskesmas Pembantu atau Puskemas berjalan akan dijadikan Posyandu Prima. Yaitu Posyandu yang melayani ibu hamil, bayi dan balita,” kata Sekretaris Camat Loa Janan, Muhammad Amrizal, awal November 2023.

Dalam panduan yang disusun Kementerian Kesehatan, Posyandu Prima, dijalankan oleh tenaga kesehatan di Puskemas dan dibantu kader posyandu di tiap-tiap permukiman. Fungsi utama Posyandu Prima adalah melakukan skrining awal kesehatan. Jika ditemukan anomali, bisa dirujuk ke Puskemas atau rumah sakit terdekat.

Selain sebagai garda terdepan melayani kesehatan, di beberapa daerah, Posyandu Prima juga dijadikan ajang edukasi dan pencegahan stunting.

“Semoga program kesehatan di Kecamatan Loa Janan berdampak positef bagi warga,” tutupnya. (adv/diskominfokukar)