Penulis : admin

Foto: Penyerahan dukungan oleh PT Berau Coal kepada Pemkab Berau saat malam penutupan Berau Expo. 

TANJUNG REDEB– Di penutupan Berau Expo 2023 pada Jumat (10/11/2023) malam, Bupati Berau, Sri Juniarsih secara simbolis menerima dukungan dari PT Berau Coal. Dukungan itu merupakan program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) PT Berau Coal, dalam rangka Hari Jadi Berau ke-70 dan Kota Tanjung Redeb ke-213.

Bantuan itu diserahkan langsung oleh General Manager Operation Support and Relations PT Berau Coal, Cahyo Andrianto.

Dukungan itu diantaranya, yakni 212 beasiswa melalui pilar pendidikan kepada pelajar perguruan tinggi dan masyarakat Kabupaten Berau.

Kemudian, ada juga pilar infrastruktur pembangunan dan penyediaan sebanyak 31 unit infrastruktur dasar, di 19 kampung dampingan dengan 25 ribu KK penerima manfaat.

Ada juga, pilar lingkungan pembangunan sebanyak 102 unit jamban keluarga sehat, untuk mendukung percepatan Open Defecation Free (ODF) di Berau. Terakhir, pilar ekonomi, mendukung kemandirian ekonomi melalui pendampingan UMKM dengan menyasar 209 pelaku UMKM dan program SIGAP Sejahtera Pemkab Berau dengan menyasar 110 Pejuang SIGAP.

Dukungan yang diberikan Berau Coal itu, tentu saja mendapat apresiasi tinggi dari Bupati Berau, Sri Juniarsih. Bahkan, dia mengatakan, adanya kontribusi yang diberikan Berau Coal, sangat membantu peran kerja pemerintah.

“Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada Berau Coal dan mitra kerjanya. Yang selama ini, sudah bersingeri dalam membantu dan membangun Berau lebih baik,” katanya.

Diharapkannya, sinergitas ini, dapat terus berlanjut, sehingga masyarakat maupun kampung yang berada di sekitar tambang, ataupun yang menjadi dampingannya dapat lebih maju dan sejahtera.

“Berau Coal ini selalu hadir dengan terobos-terobosan yang dilakukannya, terutama berperan membantu Pemkab Berau,” ujarnya.

Sementara itu, General Manager Operation Support and Relations PT Berau Coal, Cahyo Andrianto menyampaikan, dukungan tersebut diberikan tak lain, Berau Coal ingin turut berkontribusi untuk pembangunan Bumi Batiwakkal melalui PPM Berau Coal.

Apalagi, berdasarkan pengamatan dilapangan, sejumlah bantuan yang diberikan sangat dibutuhkan untuk kemajuan SDM maupun pembangunan di Kabupaten Berau.

“Program yang kita jalankan itu mulai dari pendidikan, ekonomi, kesehatan dan lingkungan,” imbuhnya.

Di sisi lain, dirinya juga mengapresiasi penyelenggaraan Berau Expo Berau 2023. Menurutnya, selama acara berlangsung, setidaknya perputaran uang mencapai Rp 10 miiar. Acara sekelas Expo, tentu akan meningkatkan pendapatan para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menenggah (UMKM) dan dinikmati oleh masyarakat.

Tentunya, PT Berau Coal akan selalu mendukung adanya kegiatan-kegiatan yang postif seperti ini. Sehingga, ia pun berharap agar kolaborasi antara perusahaan dan pemerintah daerah bisa terus terjalin.

“Tentu harapannya sinergi Berau Coal dan Pemkab Berau dapat terus berjaln harmonis demi kemajuan daerah,” paparnya.

Sementara, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Kampung Samburakat, Jupransyah, sebagai salah satu penerima manfaat yang turut hadir dalam agenda tersebut, mengatakan Berau Coal sudah banyak membantu kampungnya.

“Sepertu pemasangan instalasi penyambungan air bersih. Karena air bersih sangt penting bagi kami. Saya mewakili masyakat Samburakat mengucapkan banyak terima kasih telah membantu masyarakat kami,” pungkasnya. (*/ADV)