Penulis : admin

KUKAR,- Kecamatan Loa Kulu di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) tengah menata diri menyambut Ibu Kota Nusantara (IKN). Kecamatan yang masuk dalam wilayah IKN ini bersiap menjadi daerah mitra IKN di masa mendatang.

Langkan ini sejalan dengan anjuran Bupati Kukar, Edi Damansyah yang meminta agar Loa Kulu dan Kukar tak hanya sekedar menjadi penonton. Apalagi tertinggal pembangunan infrastruktur dan sumber daya manusia ketika IKN hadir.

Camat Loa Kulu Adriansyah menjelaskan pengembangan sumber daya seperti pertanian dalam arti luas dari hulu hingga hilir terus dijalankan. Tergetnya, menjadikan kawasan ini sebagai salah satu daerah lumbung pangan Kukar dan IKN.

Upaya ini mendapat dukungan dari Pemkab Kukar lewat sejumlah program dedikasi Kukar Idaman. Bahkan, daerah ini ditetapkan sebagai salah satu kawasan sentra pertanian terintegrasi di Kukar.

“Loa Kulu siap mendukung dengan keberadaan IKN baik itu dari sektor pertanian, peternakan, dan perkebunan hingga perikanan,” ungkapnya.

Sambil berjalan, Kecamatan Loa Kulu masih menanti kegiatan strategis pemerintah melalui Badan Otorita IKN.

Baik melalui penataan ruang maupun pengembangan sumber daya manusia yang dipersiapkan menghadapi kedatangan jutaan penduduk baru ke IKN.

“Jadi kita hanya menunggu saja kapan dari Otorita (IKN) ini untuk bisa pengembangan proyek strategis lebih lanjut,” tandasnya. (advdiskominfokukar)