Penulis : admin

Foto: Foto udara suasana Kampung Labanan Makmur

TANJUNG REDEB, – Inovasi tiada henti menjadi bagian komitmen pemerintahan Kampung Labanan Makmur. Setelah berbagai terobosan pembangunan berbagai sektor, kali ini kampung yang berada di wilayah Kecamatan Teluk Bayur ini mencoba menggagas pasar khusus hewan.

Didasarkan pada potensi kampung yang menjanjikan terutama untuk ternak kambing dan sapi. Kepala Kampung Labanan Makmur , Mupit Datusahlan mengatakan, perlu ada wadah yang menyediakan secara khusus jual beli hewan ternak. Hal itu sebagai bagian memfasilitasi peternak untuk mewujudkan jejaring peternak dan kontes hasil hewannya.

“Selain itu, juga menjadi penting agar transaksi ternak menjadi lebih menjual, lantaran pembeli dan peternak dapat bertemu langsung dan dapat memilih kualitas hewan yang terbaik sesuai kebutuhan konsumen,”jelasnya, Kamis (24/02/2022).

Mupit menyebutkan, selama ini tidak ada wadah khusus yang memfasilitasi sehingga baik peternak maupun calon pembeli masih bingung untuk mencari lokasi, pemilik serta harga hewan ternak yang hendak dibeli atau dijual.

“Harapan kami dengan adanya pasar ini nanti semua kendala itu bisa teratasi,harapan kami bisa diterima usulan ini juga difasilitasi Pemkab” sebutnya.

Sejauh ini, menurut Mupit inovasi keinginan tersebut telah didengar oleh Pemkab dan direspon baik, namun masih tetap menunggu proses realisasi. Mupit menjelaskan, saat ini sudah ada pasar rakyat di kampungnya, yang masih proses hibah.

Sedangkan untuk pemerintahan kampung nantinya akan menyiapkan pendampingan dan pembinaan. Terutama bagaimana agar peternak juga bisa meningkatkan produksi hewan unggulan.

“Kalau lahan belum ada pastinya, yang terpenting usulan kami bisa sampai,” tutupnya. (*)

Editor: RJ Palupi