Penulis : admin

TANJUNG REDEB,– Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Berau memprediksikan hujan sedang sampai dengan tinggi masih akan terus terjadi di wilayah Berau. Utamanya di hulu sungai Segah dan Kelay yang berbatasan dengan wilayah Malinau, Kalimantan Utara.

Dikatakan Kepala BMKG Berau Tekad Sumardi, meskipun potensi hujan masih akan terjadi. Tapi untuk intensitasnya sudah mulai menurun.

“Hanya memang untuk daerah hulu yang berbatasan dengan daerah Malinau atau wilayah Kaltara yang topografinya dataran tinggi masih ada kemungkinan hujan sedang sampai lebat,”jelasnya Senin (17/5/2021).

Kondisi ini juga menyebabkan dua sungai yang membelah Kabupaten Berau yakni Sungai Segah dan Sungai Kelay mengalami peningkatan debit air. Hingga menyebabkan sejumlah kampung yang ada di Daerah Aliran Sungai (DAS) terendam banjir.

“Boleh dikatakan itu banjir kiriman. Karena untuk wilayah Berau sendiri sangat kecil curah hujannya,” bebernya.

Kemduian kata dia, melalui prediksi satelit BMKG. Di wilayah hulu diperkirakan hujan masih akan terjadi hingga awal Juni 2021, sebalum akhirnya masuk musim kering.  Potensi terjadinya banjir susulan juga masih sangat besar. Walaupun curah hujan tidak ekstrem, tetapi patut untuk diwaspadai untuk pemukiman DAS kedua sungai ini.

“Jadi tetap harus waspada”imbaunya.(*)