Penulis : admin

TANJUNG REDEB – Musyawarah Daerah (Musda) IV DPD IKA PAKARTI Berau  baru untuk memilih nakhoda Periode 2021-2026 dilaksanakan di Balai Mufakat, Minggu 28 November 2021.  Bupati Berau, Sri Juniarsih membuka agenda yang juga dihadiri Wakil Walikota Samarinda, sekaligus Ketua Umum DPP IKA PAKARTI Kalimantan Tumur, Rusmadi Wongso.

Bupati Berau, Sri Juniarsih mengatakan, IKA PAKARTI diharapkan mampu bersinergi dengan pemerintah. Sehingga, segala bentuk program Pemerintah Berau, bisa mendapat dukungan dari paguyuban yang ada di Berau.

“Ya harapannya tentu, paguyuban ini bisa terus menjalin silahturahmi dengan kami. Serta, dapat mendukung program kami,” ujarnya.

Sementara itu, Penasihat Ikapakarti Berau, Achmad Najib Fathoni, berpesan kepada ketua terpilih agar bisa mengemban amanah dari anggotanya. Serta, bisa mendukung pemerintah dalam merealisasikan program-programnya. “Itu saja pesan saya,” sebutnya.

Di tempat yang sama, Ketua DPD Ika Pakarti Kabupaten Berau terpilih periode 2021-2026, Syarifatul Syadiah yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua I DPRD Berau menerangkan, bahwa Ika Pakarti merupakan paguyuban besar yang menaungi 24 Paguyuban Pilar dari tanah Jawa. Syarifatul Sadiah menyebut akan segera melengkapi struktur kepengurusan yang baru, agar roda organisasi segera bisa berjalan.

“Setelah terpilih kita, tim formatur, secepatnya akan membentuk kepengurusan agar langsung bisa bekerja,” jelas perempuan yang juga politisi Partai Golkar itu.

 Menurut perempuan yang lahir di Malang, Jawa Timur itu, sebelum dikukuhkan, dirinya merasa belum legal. Dirinya berharap pengukuhan bisa terlaksana cepat. Syarifatul mengakui, ia bertanggung jawab mengayomi masyarakat Jawa yang ada di Kabupaten Berau.

“Sebagai salah suku terbesar saya ingin merangkul, IKA PAKARTI dalam hal ini akan siap bersinergi dengan pemerintah dan seluruh stakeholder untuk membangun Kabupaten Berau,” jelasnya

Syarifatul berpesan, masyarakat Jawa di Berau bisa selalu menjaga kondusivitas. Prinsip yang dijunjung juga tetap sama; di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung.

“Orang Jawa selalu mengedepankan gotongroyong, guyub rukun serta asah, asih dan asuh,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Umum DPP Ika Pakarti Kalimantan Timur yang juga menjabat, Rusmadi Wongso menuturkan kegiatan ini merupakan amanah Musyawarah Besar IV Ika Pakarti. Roda organisasi harus berjalan serentak di seluruh Kalimantan Timur. Pemilihan pemimpin di tiap Dewan Pimpinan Daerah juga harus dilakukan, sebagai wujud eksistensi IKA PAKARTI, sekaligus menjaga keberlangsungan organisasi.

“Mulai bulan Juli, dan ditargetkan Desember depan akan selesai seluruhnya (Musda di tiap DPD),” ucapnya.

Rusmadi berharap untuk Ketua DPD IKA PAKARTI Kabupaten Berau yang terpilih agar mengedepankan pentingnya menjaga moral serta nilai luruh budaya bangsa. Rusmadi mengungkapkan tiga tugas besar IKA PAKARTI ke depan untuk bersinergi bersama Pemerintah Kabupaten Berau. Yaitu mengangkat harkat dan martabat warga IKA PAKARTI Berau.

“Pertama sudah pasti mengangkat harkat martabat anggotanya sendiri,” jelasnya

Rusmadi menambahkan, tugas penting IKA PAKARTI juga untuk menjaga nilai budaya Jawa, agar selalu dilestarikan. Itulah mengapa, pada setiap kegiatannya, selalu menyelipkan adat budaya tanah Jawi. Seperti menampilkan kesenian Jawa.

“Ini upaya untuk kami bisa melestarikan budaya Jawa,” ucapnya. “Selamat bekerja untuk Ketua DPD IKA PAKARTI Berau yang baru dan jajarannya,” pungkas Wakil Wali Kota Samarinda itu. (*)

Editor: RJ Palupi