Penulis : admin

TANJUNG REDEB-Capaian vaksinasi tenaga pendidik di Kabupaten Berau guna mendukung Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Juli nanti diakui telah terealisasi tinggi. Kepala Dinas Kesehatan Berau, Iswahyudi menjelaskan sudah lebih 50 persen vaksinasi yang dilakukan untuk persiapan tersebut.

Menukil data Dinas Kesehatan Berau, sasaran tenaga pendidik yakni sebesar 3.911 sasaran dan telah terealisasi sebesar 2.800 tenaga pendidik. “Fokus kami untuk vaksinasi diperuntukkan kepada guru dan lansia, sudah lumayan tinggi capaiannya,” jelasnya, 3 Juni 2021.

Pihaknya juga optimistis pada Juli nanti 100 persen sasaran vaksinasi dapat tercapai. Walaupun target awalnya untuk khusus Tenaga Pendidik rampung di Agustus 2021 mendatang.

“Ada beberapa guru yang juga masih takut untuk divaksin,” ungkapnya.

Iswahyudi melanjutkan, untuk mempercepat pencapaian vaksin, pihaknya bisa saja akan mendatangi sekolah ke sekolah, terutama di daerah kampung. Namun, hal itu masih perlu digodok lagi.

“Nanti per sekolah memang ada datanya, berapa yang belum mendapatkan vaksinasi,” ujarnya.

Selaku dinas teknis terkait, pihaknya mendukung penuh pelaksanaan PTM. Pihaknya akan ikut melakukan pemantauan terkait zona. Sebab, pertimbangan awal yakni zona daerah. Dia juga mengingatkan untuk zona hijau segera diprioritaskan.

“Untuk zona hijau juga tidak sembarangan, minimal dua bulan statusnya zona hijau,” ujarnya.

Untuk daerah yang lain, kuning juga merah, jika ingin melaksanakan sekolah tatap muka, harus melakukan simulasi terlebih dahulu. Harus jelas  mengikuti prokes. Jika sudah bisa dijamin kelengkapan alat dan orangtua memperbolehkan maka tidak menjadi masalah.

“Kalau semua sudah siap, tidak jadi masalah,” ujarnya. (*/cld)

Editor: Bobby Lalowang