Penulis : admin

TANJUNG REDEB, – Wacana pembangunan RSUD Tipe B di Kabupaten Berau, telah disampaikan langsung  ke Gubernur Kaltim Isran Noor saat kunjungan kerja ke Bumi Batiwakkal.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang  (DPUPR) Berau, Taupan Madjid mengatakan pembangunan RSUD Tipe B telah masuk dalam kegiatan Multiyears Berau yang dimulai tahun depan. Untuk lokasi pastinya, telah berada di Jalan  Sultan Agung, dengan luasan lahan sebesar 10 hektar.

“Kita sampaikan langsung di hadapan Pemprov wacana besar Kabupaten Berau untuk membangun RSUD untuk kepentingan masyarakat Kabupaten Berau. Agar Pemprov juga sekiranya bisa membantu, ” jelasnya belum lama ini.

Ia juga menjelaskan pembangunan RSUD nantinya dipersiapkan untuk menyanggah daerah pesisir Kabupaten Berau, maupun daerah Kaltara yang bersampingan langsung dengan Berau.

Pihaknya juga mencanangkan bangunan yang bisa menampung sebanyak 5.000 orang. Dengan sekiranya total kamar minimal sebanyak 200 kamar.

“Kemarin kita sudah sempat sampaikan wacana pembangunan RSUD tipe B juga ke Menteri PMK yang meninjau langsung RSUD Abdul Rivai kemarin,” bebernya.

Taupan juga mengakui, bahwa RSUD Abdul Rivai sudah tidak bisa menambah bangunan lagi. Sedangkan rumah sakit saat ini bersifat begitu penting.

“Kemarin ada kunjungan langsung dari pusat, sudah melihat kondisinya langsung, dan kami minta bantuan juga melalui APBN,” ungkapnya.

Sebab itu, Pemerintah Kabupaten Berau meminta kepada provinsi untuk diberikan perhatian dalam mewujudkan wacana Berau.

Taupan juga melanjutkan, Pemkab sudah membagi dua tahapan anggaran untuk pembangunan kedepannya.

Tahapan pertama sebesar Rp 300 miliar dengan pembangunan 7 gedung bertahap, dengan persoapan pematangan lahan yang saat ini masih dalam tahap inventarisir. Kemudian, tahapan kedua juga sebesar Rp 300 miliar.

“Kami coba cari dulu, mana yang bisa dibiayai oleh APBD langsung, kalau di tahapan pertama ini kan sudah disetujui oleh DPRD kemarin. Ya harapannya bisa dapat banyak anggaran dari mana saja,” tutupnya. (*)

Editor: RJ Palupi