Foto: Anggota Komisi I DPRS Berau, Falentinus Keo Meo

TANJUNG REDEB- Anggot Komisi I, Falentinus Keo Meo mendorong peralatan PPBD Berau dilakukan peremajaan bagi yang sudah kerap mengalami kerusakan. Apalagi, peran BPBD dalam menanggulangi berbagai musibah ataupun bencana selalu berada digaris terdepan.

Akan sangat disayangkan, apabila ada peralatan BPBD yang digunakan tidak berfungsi dengan baik. Apalagi, Berau sendiri kerap mengalami berbagi musibah, baik itu kebakaran pemukiman, Karhutla, hingga banjir.

“Peralatan ini seharusnya mendapatkan perhatian khusus dari Pemkab Berau dan segera dilakukan peremajaan. Karena, peralatan ini merupakan faktor paling penting yang harus menjadi prioritas,” katanya.

Sebab, walaupun petugas BPBD bergerak cepat, namun peralatan kurang mendukung, maka pelayanan yang diberikan juga akan ikut terhambat. Y

ang perlu diperhatikan kata Falen, yakni peralatan penanganan bencana, yang sering terjadi di Kabupaten Berau seperti peralatan pemadam kebakaran, yakni mobil pemadam truk tangki air, mobil rescue, dan perlengkapan pendukung lainnya.

“Alat-alat seperti itu kan memang harus dilakukan pemeliharaan secara berkala, karena dipakai bukan hanya sekali dua kali. Apabila ada kerusakan, jika masih diperbaiki segera dilakukan. Tapi apabila tidak bisa, segera diganti,” lanjutnya.

Dirinya pun meminta kepada BPBD Berau, agar bisa mengkoordinasikan jika mendapat kendala khususnya untuk anggaran pemeliharaan. Apalagi kondisi keuangan daerah juga cukup besar, sehingga untuk hal-hal bersifat penting dan mendesak harus didahulukan.

“Apapun itu, kalau menyangkut pelayanan ke masyarakat dan sangat dibutuhkan, maka Pemerintah Kabupaten Berau akan memberikan perhatian lebih. Kami dari DPRD akan mendukung,” pungkasnya. (/ADV)