Foto: PT Berau Coal saat menerima kunjungan siswa SLB di Kampus Safety Samburakat.

TANJUNG REDEB – Siswa SLB (Sekolah Luar Biasa) Negeri Tanjung Redeb, sambangi PT Berau Coal di Kampus Safety Samburakat, Kecamatan Gunung Tabur, pada 16 Februari 2023 lalu. Dalam kunjungan murid SLB itu, manajemen Berau Coal menunjukkan video tentang keselamatan kesehatan kerja.

Dilanjutkan dengan pemberian materi dari PT Berau Coal oleh trainer dari HSE Certification & Training (HSECT) Department serta Emergency Respons Group (ERG) PT Berau Coal.Dalam kegiatan itu, tim trainer Berau Coal memberikan materi tentang penanganan untuk pertolongan pertama.

Seperti cara menangani luka maupun insiden terkilir, hingga penggunaan alat pemadam api ringan untuk penanganan kebakaran. Tim Trainer juga memperkenalkan alat-alat pelindung diri yang digunakan pekerja tambang.

Penyampaian materi kali ini sedikit berbeda dari pada umumnya. Lebih banyak menyampaikan lewat praktik secara langsung, bahkan, para murid SLB juga diajak bermain games di sela kegiatan.

Wakil Kepala Humas SLB Negeri Tanjung Redeb, Agus mengatakan, kunjungan ini merupakan agenda rutin dari sekolah. Melalui kunjungan itu, para muridnya mendapatkan pengetahuan di luar sekolah. Menjadi salah satu yang dibutuhkan oleh murid SLB, sebagai penyegaran dan penyemangat.

“Terpenting, dengan kunjungan seperti ini, membantu murid-murid kami lebih berani dan percaya diri bersosialisasi dengan banyak orang,” katanya.

Pihaknya juga mengapresiasi dan sangat berterima kasih sekali kepada PT Berau Coal, karena sudah menerima kunjungan SLB Negeri Tanjung Redeb di Kampus Samburakat.

Hal ini juga bentuk dukungan kepada program sekolah yakni outing school (belajar di luar kelas), dan mendapat kesempatan untuk belajar tentang keselamatan kesehatan kerja (K3).

“Sekaligus juga dalam rangka membuka wawasan anak-anak, dengan langsung berkunjung seperti ke perusahaan dan tempat pelayanan umum lainnya,” jelasnya.

Sementara itu, Trainer PT Berau Coal, Adi Tono menjelaskan, dari sisi infrastruktur sebagai media pendidikan telah dipersiapkan semaksimal mungkin. Sehingga ketika peserta dari SLB datang, kondisi ruangan sudah nyaman, aman, dan menyenangkan.

Dijelaskannya, kedatangan siswa SLB ini, bukan yang pertama kali. Sebelumnya juga pernah pada 2018 lalu.

“Materi pun disampaikan bukan berupa teori tetapi lebih banyak kepada praktik langsung. Agar lebih bisa dipahami dan mengerti,” terang Adi.

Lanjut kata dia, poin yang ingin disampaikan dalam kegiatan itu tak lain adalah, bagaimana murid-murid SLB memahami pentingnya tentang keselamatan dasar.

Terutama, untuk hal yang paling mendasar yaitu menggunakan alat pelindung diri.Kampus Safety Samburakat ini disebut Adi, dalam perkembangannya menjadi tempat belajar bagi karyawan yang bekerja di perusahaan tambang.

Sehingga, menjadi salah satu penghormatan juga bagi pihak Berau Coal mendapat kunjungan dari SLB Negeri Tanjung Redeb.

“Sehingga kami ucapkan terima kasih karena sudah berkunjung ke Kampus Samburakat,” pungkasnya. (ADV)