Foto: Anggota DPRD Fraksi PPP H Saga.

TANJUNG REDEB- Saat melakukan reses 1 tahun sidang 2023 di Dapil 3, khususnya di Kampung Pulau Derawan, Kecamatan Pulau Derawan, Ketua Komisi III DPRD Berau, Sa’ga mendapatkan cukup banyak keluhan, terutama soal abrasi.

Dikatakannya, abrasi menjadi salah satu yang paling dikhawatirkan. Mengingat, keberadaan abrasi semakin tahun, semakin sangat terasa. Belum lagi, pemukiman juga semakin padat.

Hanya kata Saga, untuk penanganan abrasi di Pulau Derawan, kewenangannya bukan di Daerah, melainkan ada di pemerintah pusat.

“Tapi, kami dari DPRD juga berupaya menyampaikan ini ke pemerintah pusat untuk membangun penahan ombak. Dan memang untuk ancaman abrasi di Derawan, sebelumnya juga sudah sering kami sampaikan mulai dari Pemprov hingga ke pemerintah pusat,” katanya,

Selain masalah abrasi, ada juga usulan tentang peningkatan fasilitas publik. Namun, ada juga fasilitas penunjang yang akan dibangun tahun ini. Salah satunya adalah, dermaga umum Pulau Derawan akan dituntaskan pada tahun ini. Di mana, pengerjaannya pun akan dilaksanakan April mendatang.

“Kucuran tahun ini kurang lebih Rp 8 miliar. Semog pembangunan dermaganya, bisa dituntaskan tahun ini,” ujarnya.

Adapun peningkatan jalan, Saga mengungkapkan hal itu bisa menjadi catatan bagi dirinya dalam penganggaran nanti.  Namun, untuk persoalan jalan dk Pulau Derawan, menurutnya bisa memanfaatkan ADK untuk penanganannya.

“Karena nilainya lumayan besar. Tetapi perlu diketahui, dana ADK juga terbatas. Nanti usulan ini juga bisa ditindaklanjuti di Musrenbang Kecamatan nantinya,” pungkasnya. (ADV)