Foto: Perwakilan PT Berau Coal saat menerima penghargaan dari Gubernur Kaltim, Isran Noor beberapa waktu lalu.

TANJUNG REDEB- Baru ada dua perusahaan di Kalimantan Timur yang memiliki program CSR dalam mendukung program pangan untuk penghijauan (PuP), salah satunya yaitu PT Berau Coal.

Community Enterprise Development PT Berau Coal, Yandi Rama Krisna mengatakan, Berau Coal terus berkomitmen melakukan penghijauan di lahan tidak produktif, untuk meningkatkan ketahanan pangan di Kabupaten Berau. Yakni melalui program pengembangan budidaya kakao ,sebagai program social enterprise atau program sosial unggulan.

Di tahun 2022 lalu, Berau Coal juga telah melakukan sinergitas dengan Badan Pengelola Pangan untuk Penghijauan Kaltim. Melakukan penanaman kamoditas kakao di area seluas 10 hektare dengan nama program Petani Lestari (Pelari).

“Bantuan yang diberikan berupa bibit kakao unggul sebanyak 6.500 bibit. Serta beberapa sarana pendukung produksi pertanian,” katanya, Selasa (14/02/2023).

Program penghijauan ini kata dia, tentu akan dilakukan secara berkelanjutan dengan bersinergi bersama pihak terkait lainnya. Supaya dapat memetakan kesesuaian lahan agar mendapatkan hasil yang optimal. Berkat komitmen itu, Berau Coal diganjar penghargaan dari Pemprov Kaltim, terkait program pangan untuk penghijauan pada Januari lalu.

“Penyerahan itu bertepatan dengan perayaan HUT Kaltim Ke-66 tahun,” ungkapnya.

Adanya program tersebut, diharapkan dapat menciptakan kemandirian ekonomi masyarakat dan meningkatkan kesejahteraan petani.

Dukungan itu kata dia, dimulai dari hulu hingga hilir, berupa kepastian pasar terhadap hasil panen kebun kakao masyarakat. Juga diharapkan, dapat menjadi semangat dan motivasi petani kakao dalam mengembangkan lahan dan meningkatkan produktivitas hasil kebun.

“Tidak menutup kemungkinan ke depan, ada rencana pengembangan penghijauan di kampung lain. Hal tersebut tentunya perlu dikaji lebih dahulu,” tuturnya.

Sementara itu, program PT Berau Coal tersebut juga mendapat apresiasi dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau melalui Dinas Pangan Berau. Kepala Dinas Pangan Berau, Rakhmadi Pasarakan mengucapkan terima kasih kepada PT Berau Coal atas komitmennya untuk dapat berpartisipasi aktif dalam merealisasikan pangan untuk penghijauan di Kabupaten Berau.

Dijelaskannya, pangan untuk penghijauan merupakan kegiatan untuk menyediakan pangan sekaligus memulihkan dan meningkatkan daya dukung lahan di luar kawasan hutan untuk mengembalikan fungsi lahan sehingga mencapai ketahanan pangan dan penurunan emisi karbon.

Rakhmadi berharap supaya ke depan tidak hanya ada 2, tapi perusahaan lainnya juga punya CSR penghijauan. Sehingga dampaknya dapat menambah luasan lahan penghijauan untuk pangan juga pembinaan pasca panennya, dan produk pangan yang dihasilkan bisa menjadi unggulan di masing-masing kampung.

“Menjadi harapan bersama juga semakin banyak perusahaan lain yang mengikuti jejak PT Berau Coal. Bagi perusahaan yang belum terlibat agar bisa menganggarkan dana CSR-nya dapat digunakan pada kegiatan pangan untuk penghijauan,” pungkasnya. (/Adv)