Foto: Anggota Komisi III DPRD Berau Sakirman

TANJUNG REDEB- Usai pelaksanaan Porprov VII Kaltim 2022 lalu, DPRD Berau melakukan hearing bersama Dispora Kabupaten Berau, dan KONI Berau, pada Senin (13/02/2023) di ruang rapat gabungan komisi, Gedung DPRD Berau.

Dipimpin oleh Ketua DPRD Berau Madri Pani, agenda itu berjalan lancar, dan banyak interaksi dari masing-masing pihak terkait isue pengembangan olahraga kedepan, pasca Porprov Kaltim 2022 di Kabupaten Berau.

Selain mengapresiasi capaian KONI Berau dan Dispora, atas prestasi juara 2 perolehan medali terbanyak setelah Kota Samarinda, sejumlah anggota DRPD Berau juga menyoroti venue warisan Porprov Kaltim 2022 yang telah dibangun, maupun sarpras olahraga yang telah diadakan.

Anggota Komisi III DPRD Berau, Sakirman mengatakan, hearing tersebut merupakan atas usulan pihaknya, dengan tujuan ingin memastikan pengembangan olahraga di Kabupaten Berau tidak mandek setelah Porprov.

“Kami dari DPRD, khususnya Komisi III yang membidangi olahraga ingin tahu bagaimana kelanjutan dari pasca Porprov kemarin. Status venue yang sudah dibangun kemarin bagaimana selanjutnya. Termasuk hak atlet yang mendapatkan medali,” jelasnya.

Di sisi lain, dirinya juga ingin memastikan, setiap sarana yang telah dibangun diharapkannya, dapat dilkukan perawatan berkesinambungan. Sehingga dapat digunakan untuk pembinaan olahraga jangka panjang.

“Sarana prasarana ini harus ada perawatan. Nah, ini yang bertanggungjawab siapa, apakah PB Porprov, KONI, atau Pemda. Ini yang dari kami harus ada pengawasan. Jangan sampai dana yang terbuang banyak, malah tidak bermanfaat untuk pembinaan olarhaga kedepan,” tuturnya.

Dikatakannya, perlu ada langkah kongkrit yang strategis untuk melakukan pengembangan olahraga secara nyata.

Dirinya juga ingin mengetahui, pembinaan seperti apa nanti yang akan dilalsanakan agar, prestasi di Porprov Kaltim 2022, dapat kembali dipertahankan di turnamen lainnya, termasuk Porprov 2026 di Kabupaten Paser mendatang.

“Jangan sampai stagnan. Ini herus tetap kembali berproses. Kami ingin, pembinaan terus berjalan dan lebih baik dari sebelumnya,” pungkasnya. (/ADV).