Foto: Anggota DPRD partai NasDem saat gelar reses di Kampung Merancang Ulu

TANJUNG REDEB- Anggota DPRD Berau dari Partai Nasdem, Sujarwo, menggelar reses di sidang 1 tahun 2023 di daerah konstituennya yakni di Dapil II. Salah satunya Kampung Merancang Ulu, Kecamatan Gunung Tabur, Rabu (08/02/2023).

Dalam reses itu, kata Sujarwo, cukup banyak aspirasi masyarakat yang disampaikan. Reses sendiri ditambahkannya, untuk menjaring aspirasi sesuai dengan tanggungjawab politiknya.

“Salah satu aspirasi yang disampaikan adalah menambah penerangan jalan umum disebagian RT,” katanya.

Namun kata dia, tidak kalah penting aspirasi yang disampaikan, yakni fasilitas jalan pertanian yang berada di wilayah salah satu perusahaan yang bergerak di bidang perkayuan. Tentu kata, perlu ada kehati-hatian untuk mewujudkan usulan yang disampaikan.

Apalagi, berdasarkan informasi yang didapat, wilayah tersebut masuk dalam kawasan budidaya kehutanan (KBK).

“Sedangkan anggaran pemerintah tidak diperbolehkan menganggarkan pembangunan atau peningkatan jalan dalam kawasan budidaya kehutanan,” jelasnya.

Namun, jika aspirasi tersebut diabaikan tentu akan mempengaruhi pertanian masyarakat di sana. Apalagi, bagi sebagian warga Merancang bertani merupakan salah satu sektor pendongkrak ekonomi mereka. Sehingga akses untuk lokasi pertaniannya harus dibenahi dan dibangun secara layak.

“Dan faktanya, perekonomian warga di bidang pertanian jauh menurun akibat jalan menuju areal pertanian mereka,” katanya.

Namun, dirinya berkomitmen akan memperjuangkan aspirasi yang telah disampaikan. Menurutnya, sebelum lebih jauh, perlu dipetakan terlebih dahulu terkait status lokasi mana yang berstatus KBK.

“Setelah itu selesai, baru bisa ada tindakan. Apakah pengajuan ke kementrian kehutanan terkait konversi kawasan. Atau kerjasama pertanian didalam kawasan yang diatur perundang-undangan kita. Yang jelas, ini akan jadi catatan penting untuk saya perjuangkan,” pungkasnya. (/ADV)