Foto: Pj. Sekretaris Daerah Kabupaten Berau Agus Wahyudi, dan Sekretaris DPRD Kabupaten Berau Abdurrahman saat menghadiri paripurna hari jadi Kota Balikpapan

TANJUNG REDEB- Sekretariat DPRD Berau hadiri rapat Paripurna ke II masa persidangn I Tahun 2023 dengan agenda peringtan HUT ke-126 Kota Balikpapan Tahun 2023, yang dilaksanakan pada 10 Februari mendatang. Kegiatan tersebut diselenggarakan di Ballroom Hotel Novotel Balikpapan, Selasa (07/02/02023).

Di mana acara itu dihadiri oleh Walikota Balikpapan Rahmad Mas’ud, Ketua DPRD Kota Balikpapan Abdulloh, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kota Balikpapan.

Selain itu, hadir juga Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Timur Daerah Pemilihan (Dapil) Kota Balikpapan, Bupati/Walikota se-Kalimantan Timur, Ketua DPRD Kabupaten/Kota se-Kalimantan Timur, Sekretaris DPRD Kabupaten/Kota se-Kalimantan Timur, dan tamu undangan lainnya.

Dari Kabupaten Berau, acar tersebut dihadiri oleh Pj. Sekretaris Daerah Kabupaten Berau Agus Wahyudi, dan Sekretaris DPRD Kabupaten Berau Abdurrahman.

Dalam kesempatan itu, Sekretaris DPRD Berau, Abdurrahman, mrngucapkan selamat hari jadi ke-126 untuk Kota Balikpapan. Dengan mengangkat tema Balikpapan Kolaborasi, Balikpapan Sinergi, membuat Balikpapan menjadi kota maju dan unggul.

“Atas nama DPRD Berau, mengucapkan selamat HUT ke-126 Kota Balikpapan,” katanya.

Pelaksanaan kegiatan rapat paripurna hari jadi Balikpapan sendiri, dibuka secara resmi oleh Ketua DPRD Kota Balikpapan Abdulloh. Dalam dambutannya, dia mengatakan, perjalanan panjang didalam membangun Kota Balikpapan, berkat jerih payah dan perjuangan dari para pendahulu, lelulur, dan pejuang yang berani mengorbankan jiwa, dan raga mereka untuk Kota Balikpapan.

Kota Balikpapan dikenal dengan kota minyak, yang ditandai dengan pengeboran perdana sumur minyak MATHILDA di kaki gunung komendur, disisi timur teluk Balikpapan.

“Sehingga, saat ini telah berkembang pesat, tidak hanya pada pengeboran minyak semata. Tetapi pada jasa pengolahan minyak mentah, yang membuat Kota Balikpapan menjadi kota industri,” jelasnya.

Sementara itu, Walikota Balikpapan, Rahmad Mas’ud menyampaikan, dengan peringatan HUT ke-126Kota Balikpapan menjadi napak tilas sejarah. Dan mengingat kembali keberhasilan atas pembangunan, dan pengabdian yang telah dilakukan oleh para pendahulu.

Terbukti kata dia, pada Upacara Peringatan HUT Provinsi Kalimantan Timur ke 66 yang lalu, Kota Balikpapan menjadi Terbaik I. Dengan memperoleh penghargaan panji keberhasilan pembangunan sebanyak 16 panji keberhasilan pembangunan.

Dia juga meminta, hubungan antara Pemerintah Kota Balikpapan dengan seluruh komponen masyarakat Kota Balikpapan dapat terus berlangsung dengan baik, dan harmonis hingga tahun-tahun berikutnya.

Hal ini dikarenakan Kota Balikpapan memiliki beragam potensi. Sehingga mulai menggaungkan pembangunan yang berbasis smart city sejak Tahun 2019, dan denga 6 pilar utama.

“Seperti smart government, smart economy, smart living, smart society, smart environment, and smart branding,” tuturnya.

Kemudian acara ditutup dengan sesi ramah tamah, foto bersama. Serta,jamuan makan siang yang telah disiapkan oleh panitia pelaksana dalam hal ini Sekretariat DPRD Kota Balikpapan. (/ADV)