Foto: Aktivitas donor darah dalam rangka Bulan K3 Nasional 2023

TANJUNG REDEB- Dalam memperingati Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional, PT Bukit Makmur Mandiri Utama (BUMA) mengadakan aksi donor darah.

Aksi donor darah tersebut diikuti 112 pekerja BUMA Jobsite Lati dan mitra kerja, yang digelar pada Rabu (01/02/2023), di Sport Center BUMA Jobsite Lati. Dalam kegiatan donor darah tersebut, BUMA berkolaborasi dengan PMI Berau. Kegiatan donor darah itu berlangsung .

Business Support Manager BUMA Jobsite Lati, Sunardi Gunawan Rajagukguk mengatakan, seluruh pendonor tampak bersemangat menyumbangkan darah mereka untuk kegiatan sosial dan kemanusiaan. Tujuan donor darah ini tambah dia, tak lain membantu warga Berau yang membutuhkan darah segar untuk proses pengobatan.

“Khususnya, karyawan BUMA menyadari bahwa aksi kemanusiaan ini merupakan bentuk kepedulian terhadap sesama. Karena, selain membantu pasien yang memerlukan darah, para pendonor pun mendapat manfaat kesehatan,” terangnya.

Selain aksi donor darah, BUMA juga mengadakan berbagai rangkaian acara untuk meningkatkan aspek keselamatan operasional pertambangan. Beragam kegiatan itu seperti Upacara Bulan K3, Lomba Partisipasi K3LH, Lomba Speak Up Pesan K3LH, Lomba Poster K3, dan Lomba Pengawasan Teknologi.

Selanjutnya ialah Lomba Cerdas Cermat K3, Lomba pengoperasian Unit A2B by Virtual Reality, dan Lomba House Keeping Area Kerja. Ada pula cek kesehatan gratis, reward petugas pelaksana K3, Lomba Video K3, hingga kampanye K3. Ditambah berbagai kegiatan yang lain yang berhubungan dengan keselamatan para pekerja tambang di area BUMA.

“Perusahaan berkomitmen tinggi, terhadap keselamatan dan kesehatan kerja seluruh karyawannya. Seluruh aksi nyata ini tidak lain demi menunjukkan komitmen tersebut,” tandasnya.

Setidaknya, terkumpul 65 kantong darah dari kegiatan tersebut. Penanggung Jawab Laboratorium UDD PMI Berau, Edy Erwansyah turut mengapresiasi dan berterimakasih atas kontribusi BUMA beserta mitra kerja yang tidak pernah bosan mendonorkan darahnya untuk kegiatan kemanusiaan.

“Dari penyelenggaraan donor darah dari perusahaan, salah satunya BUMA, kami bahkan sampai memenuhi kapasitas penyimpanan darah (blood bank) di PMI Berau,” tandasnya. (ADV)