Foto: Ketua Komisi III DPRD Berau H Saga


TANJUNG REDEB- Ketua Komisi III Berau, Saga meminta peran Pemkab Berau lebih ditingkatkan dalam mengembangkan olahraga di Bumi Batiwakkal. Adapun, anggaran Berau saat ini, menurutnya sudah terbilang cukup untuk menjadikan olahraga jadi lebih baik dari tahun sebelumnya.

Meskipun gelaran olahraga telah rampung, namun bukan berarti pembinaan dan peningkatan prestasi bidang olahraga harus terhenti.

“Anggaran kita cukup untuk pengembangan olahraga di Berau,” katanya, Selasa (17/01).

Sebenarnya kata Saga, dorongan pengembangan olahraga kepada Pemkab Berau sudah sering disampaikan. Termasuk pembinaan dini, juga sudah harus dimaksimalkan. Jangan sampai kata dia, seperti event Porprov 2022 lalu. Di mana Berau harus mendatangkan atlet dari luar daerah hanya untuk memenuhi target yang ingin dicapai.

“Meskipun target terpenuhi, namun yang harus dipahami tidak ada keuntungan bagi Berau. Terutama dalam pembinaan,” katanya.

Menurutnya, banyak kerugian yang didapat karena menggunakan jasa atlet dari luar. Seperti harus mengeluarkan biaya untuk orang lain, hingga berujung lemahnya pembinaan kepada atlet lokal.

Tapi kata dia, jika ada pembinaan untuk atlet yang berpotensi di Berau, akan jauh lebih baik. Dan itu jelas berkesinambungan.

“Bonus kemenangan yang diberikan juga bukan untuk putra daerah. Kalau kita memberikan bonus kepada atlet kita di sini itu jauh lebih baik. Bahkan, lebih besar lebih baik. Dan mereka juga akan termotivasi dengan itu. Begitu juga atlet lainnya,” katanya.

Saga mengimbau kepada Pemkab Berau, khususnya kepada Dispora Berau, untuk membuat program tepat sasaran. Terutama pembinaan atlet dan generasi muda, dan pemenuhan fasilitas latihan.

“Jangan takut untuk membuat olahraga di Berau menjadi lebih baik dan berkembang. Karena hasilnya juga untuk Kabupaten Berau sendiri, bukan untuk daerah lain,” pungkasnya. (/adv)