Foto: Ketua Kwarcap Pramuka Berau Sarifatul Syadiah

TANJUNG REDEB, – Kwartir Cabang (Kwarcab ) Pramuka Kabupaten Berau berhasil peroleh Panji Keberhasilan Pembangunan di posisi ke-3 pada Bidang Penilaian Kwarcab Gerakan Pramuka Tergiat Tahun 2021 dari Pemprov Kaltim.

Ketua Kwarcab Kabupaten Berau, Syarifatul Syadiah mengucapkan rasa syukur dan ungkapan terima kasih kepada seluruh jajaran pengurus kwarcab Berau yang telah bekerja keras untuk mendapatkan perolehan Panji tersebut.

“Saya selaku ketua kwarcab, merasa bersyukur dan terimakasih kepada seluruh jajaran pengurus kwarcab yang selama ini sudah bekerja keras untuk bisa mendapatkan Panji ini,” ungkapnya.

Pencapaian ini patut dibanggakan karena pertama kali diperoleh oleh Kwarcab Pramuka Kabupaten Berau. Walaupun berada di peringkat ketiga, akan tetapi ini adalah sejarah di Kabupaten Berau untuk pertama kalinya kwarcab masuk dalam nominasi tiga besar.

“Ini sebagai suatu hasil penilaian kinerja kwarcab selama ini dibawah pengurusan yang baru,” ucapnya.

Yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua I DPRD Berau, Syarifatul menyebutkan, agenda yang akan diikuti oleh Kwarcab Pramuka Kabupaten Berau di tahun 2023 ini cukup padat, ada dua event nasional dan dua event internasional yang akan pihaknya ikuti. Tentu tidak sedikit anggaran yang dibutuhkan untuk mengikuti semua event tersebut.

“Semoga ada jalannya, intinya kita melakukan persiapan yang matang dan kerjasama semua pihak,” tuturnya.

Dengan banyaknya kegiatan yang akan dilaksanakan Kwarcab Pramuka Kabupaten Berau, Syarifatul berharap Pemkab Berau dan stakeholder terkait dapat memberikan dukungan, baik moril, spiritualitas dan tentunya dukungan materil. Bila bercermin dengan daerah lain yang telah diberikan dukungan penuh dari pemerintah daerahnya.

“Selama ini yang mendominasi juara satu dan dua, selalu kabupaten yang mempunyai anggaran besar yang mendapat dukungan oleh pemerintah daerahnya. Salah satunya adalah Kukar yang sudah 5 tahun berturut-turut menjadi juara dan untuk dua tahun menjadi juara berturut-turut Kutim,” terangnya.

Selain itu, ia juga menambahkan support anggaran dari Bupati Berau Sri Juniarsih Mas yang juga selaku Ketua Majelis Pimpinan Cabang yang tentu diharapkan ada sinergitas untuk membawa ke arah yang lebih baik lagi kedepannya seiring dengan pencapaiannya.

“Tapi yang ada sekarang ini kita syukuri, karena dalam sejarah belum pernah dan pertama kalinya kita mendapatkan perolehan panji ini,” katanya .

“Harapan kami kedepannya kita lebih giat lagi, semangat lagi, dan lebih solid, untuk membuat program-program yang nyata dalam pembentukan generasi yang berkarakter sehingga penilaian dari provinsi semakin baik lagi untuk bisa kita mencapai target yang diharapkan,” tandasnya.