Foto: Bupati Sri Juniarsih berfoto bersama kepada OPD usai penyerahan panji keberhasilan

TANJUNG REDEB- Bupati Berau Sri Juniarsih mengingatkan organisasi perangkat daerah (OPD) di Kabupaten Berau, untuk lebih meningkatkan kinerjanya pada tahun 2023 ini. Hal itu disampaikannya pada penyerahan panji pembangunan kepada 23 peraih panji terbaik.

Dalam penyerahan panji tersebut, Berau memang meraih 23 panji. Namun, Berau hanya mampu meraih 5 panji pembangunan terbaik 1, menurun dibanding tahun sebelumnya yakni 6 panji terbaik 1. Untuk diketahui, 23 panji itu terdiri dari 5 panji terbaik I, terbaik II ada 8 panji, san terbaik III ada 7 panji.

Sri Juniarsih mengingatkan, agar semua pimpinan OPD dapat berkoordinasi dengan baik, sebab Sri Juniarsih menyebut beberapa kepala OPD terkadang tidak atau lambat merespon saat dihubungi.

“Saya sempat dapat bocoran kalau Berau hanya dapat empat terbaik 1. Tapi Alhamdulillah, dapat 5 terbaik 1 dari 15 panji. Kita menurun, karena ada yang terbaik 1 tahun lalu, malah menurun peringkatnya. Ini harus ditingkatkan kinerjanya. Begitu juga yang meraih peringkat 2 dan 3,” katanya.

Dikatakannya, keberhasilan OPD adalah kebanggaan bagi OPD itu sendiri dan Pemerintah Kabupaten Berau. Namun, apabila prestasi yang diraih Berau terus menurun, maka itu tentu akan menyedihkan. Apalagi, tidak ada kemajuan yang dilakukan oleh OPD tersebut.

Sebagai Bupati Berau, dia mengaku sangat malu apabila itu terjadi. Menurutnya, dirinya belum berhasil memberikan dorongan inspirasi kepada semua OPD jika prestasi Berau hanya jalan ditempat.

“Saya mengapresiasi bagi OPD yang berhasil mempertahankan prestasinya. Semoga prestasi itu dapat ditingkatkan. Dan OPD yang masih belum mendapat prestasi, jangan patah semangat tapi kinerjanya ditingkatkan lagi,” terangnya.

Dirinya juga mendorong, para kepala OPD yang bidang kerjanya belum mendapatkan panji keberhasilan, agar mulai berbenah, segera susun srategi dan program terpadu, koordinasi, dan wujudkan prestasi pada bidang kerja.

“Saya menekankan kepada kita semuanya, capaian yang ada saat ini harus mampu kita tingkatkan dan semoga lebih baik di tahun depan,” ucapnya .

Sri menambahkan, seluruh OPD di lingkungan Pemkab Berau, pada Tahun ini agar menyelesaikan 18 program prioritas dari Pemkab Berau.

“Yakin kita bisa, dengan begitu tidak hanya dapat meraih Panji Keberhasilan Pembangunan saja, kita juga dapat menyelesaikan visi dan misi pembangunan Kabupaten Berau yang maju dan sejahtera,” pungkasnya. (/)