Foto: Prosesi wisuda 79 mahasiswa program studi D3 Poltek Sinar Mas Berau Coal

TANJUNG REDEB -Sebanyak 79 mahasiswa program studi D3 dan D4 Politeknik Sinar Mas Berau Coal diwisuda di Hotel Bumi Segah, Tanjung Redeb, Selasa (10/1/2023).

Direktur Poltek Simas Berau Coal, Kris Adi Nugraha mengatakan wisuda kali ini merupakan wisuda kedua yang digelar Poltek Simas Berau Coal. Di mana indeks prestasi kumulatif rata-rata 3.51. Dengan lama studi rata-rata 3 tahun untuk program Diploma 4 selama 4 tahun.

Adapun jumlah 79 orang yang diwisuda itu terdiri dari bidang studi teknologi rekayasa logistik meluluskan 21 mahasiswa, studi perawatan mesin 21 mahsiswa dan studi survey dan pemetaan meluluskan 37 mahasiswa dari dua angkatan.

“Diantara para wisudawan tersebut, sebagian sudah mendapatkan pekerjaan,” ujarnya.

Lebih lanjut kata dia, pendidikan vokasi dan kompetensi sudah menjadi ciri khas Poltek Simas Berau Coal. Tujuannya meningkatkan SDM berdaya saing saing. Di sisi lain juga memberikan bekal kepada mahasiswa dengan hardskill dan softskill.

Sehingga nantinya, mahasiswa lulus, sudah bisa langsung siap terjun di dunia kerja, dan industri. Dijelaskan Kris, pembelajaran selama ini sudah melibatkan semua stakeholder, khususnya pegiat industri di Kabupaten Berau, para praktisi industri dan juga asosiasi dalam memberikan warna tersendiri bagi mahasiswa lulusan Poltek Sinas Mas Berau Coal.

Tidak lupa, dia juga mengucapkan selamat kepada wisudawan dan penghargaan yang tinggi kepada kepala program studi, para pembimbing tugas akhir, dosen atas kerja keras dan dedikasi serta kesabarannya membimbing para wisudawan selama ini.

“Tantangan terakhir bagi wisudawan bagaimana menunjukkan kapasitas terbaik lulusan poltek di dunia industri tempatnya bekerja,” tuturnya.

Ditempat yang sama, Direktur PT Berau Coal, Arief Wiedhartono berpesan kepada wisudawan dan wisudawati untuk memanfaatkan bekal yang diberikan selama kuliah. Baik dari sisi pengetahuan, keterampilan, pendidikan karakter, serta kesempatan praktik kerja yang sudah dijalani.

“Tentunya bisa menjadi bekal bagi mereka mendapatkan pekerjaan dan berkarya mengamalkan ilmunya sesuai bidangnya masing-masing,” katanya

Poltek Simas Berau Coal merupakan bagian dari komitmen PT Berau Coal untuk membantu Pemkab Berau memajukan dunia pendidikan. Mengingat, banyak kesempatan kerja yang ada di Berau namun masih kekurangan pekerja yang terampil, atau belum dimiliki dari segi SDM yang dibutuhkan.

“Berau Coal selalu berkomitmen turut serta memberdayakan generasi muda Berau, menjadi generasi siap kerja dan berdaya saing tinggi,” katanya.

Sementara itu, Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah (LLDIKTI) XI Kalimantan, Muhammad Akbar juga menyampaikan ucapan selamat kepada wisudawan. Serta apresiasi kepada Berau Coal, khususnya pengurus yayasan yang telah membantu pemerintah dalam menyelenggarakan program ini.

“Kepada Pemkab Berau juga terima kasih atas dukungannya yang luar biasa dan sinergitasnya selama ini dengan PT Berau Coal dalam pengembangan SDM di Kabupaten Berau,” ucap M Akbar.

Menurutnya, program vokasi ini sangat menjadi idola saat ini, pemerintah melalui Kemenristek telah membuat banyak program, karena sudah berkomitmen mendukung kampus yang menjalankan program vokasi ini.

Diterangkannya, Berau Coal sudah melangkah lebih dulu saat ini. Bukan hanya mengawinkan program pendidikan dengan industri. Tetapi juga, melahirkan generasi terbaik di Bumi Batiwakkal-sebutan Kabupaten Berau.

“Kehadiran Politeknik Sinar Mas, tentu membawa perubahan dengan jurusan-jurusan yang diterapkan di kampus tersebut. Itu terbukti, banyak dari mereka sudah mendapat pekerjaan sesuai bidang studinya,” jelasnya.

Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Berau, Agus Wahyudi turut menyampaikan rasa bangga dan apresiasinya kepada 79 mahasiswa yang telah diwisuda. Dia mengatakan, momentum wisuda ini juga membuktikan eksistensi Poltek Simas BC yang sejatinya tidak hanya untuk kepentingan Kabupaten Berau, tapi lebih luas lagi.

Kehadiran Poltek Simas BC, tambah dia, juga diharapkan dapat terus mendukung terbentuknya ekosistem pendidikan yang representatif dalam rangka penyediaan sumber daya manusia yang unggul, dan berdaya saing untuk menjawab kebutuhan industri saat ini.

“Kami sangat berterimakasih kepada Berau Coal atas dukungannya selama ini kepada pemerintah daerah Berau. Semoga sinergitas ini dapat terus berlanjut dan berjalan lebih baik kedepannya,” tuturnya.

Dalam wisuda itu juga, Poltek Simas Berau Coal, juga menghasilkan lima wisudawan wisudawati terbaik. Satu diantaranya Ranto Syah Putra Pandiangan. Dia merupakan wisudawan terbaik di Program Studi Teknologi Rekayasa Logistik 2018, dengan indeks prestasi kumulatif (IPK) tertinggi 3,96.

Dalam kesempatannya, Ranto Syah Putra Pandiangan mengatakan, sebagai angkatan pertama tentu ad rasa kebanggaan tersendiri. Apalagi, dengan pencapaian prestasi yang sudah diraihnya.

Atas kesempatan dan prestasi yang telah didapatnya, Ranto menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya pada PT Berau Coal, Yayasan Dharma Bhakti Berau Coal, serta seluruh mitra kerja. Karena sudah memfasilitasi dirinya, dan wisudawan lainnya untuk dapat mengemban pendidikan tinggi di Poltek Simas Berau Coal.

“Sehingga nantinya kami bisa menjadi lebih siap, berkompeten, dan profesional untuk menghadapi dunia kerja sesungguhnya,” pungkasnya. (/ADV)