Foto: Penampilan siswa-siswi MAN Berau dalam kegiatan PKSM tahun 2022

TANJUNG REDEB– Dalam rangka menggali potensi siswa-siswi, Sekolah Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kabupaten Berau menggelar Pekan Kreativitas Siswa-siswi MAN (PKSM) Berau 2022. PKSM merupakan ajang lomba di bidang non akademik yang dimulai sejak 19-24 Desember 2022.

Kepala Sekolah MAN Berau, Khoiri Rohmanilah menjelaskan, PKSM diselenggarakan secara rutin sejak tahun 2018. Hanya saja, tahun 2020 dan 2021 dilaksanakan secara online. Kemudian, tahun 2022 ini kembali diselenggarakan dengan melibatkan semua siswa-siswi di MAN.

Adapun kegiatan ini diselenggarakan usai pelaksanaan ujian smester yang baru-baru saja berakhir. Sekaligus menjadi ajang hiburan bagi mereka, setelah cukup lelah menghadapi pelajaran.

“Nah dengan momen seperti ini, kita bisa menggali dan melihat potensi mereka itu apa saja. Sekreatif apa mereka mengikuti event ini. Hitung-hitung kegiatan ini menjadi hiburan buat mereka sehabis ujian smester,” ungkapnya.

Dirinya bersyukur, pandemik COVID-19 sudah mereda, sehingga bisa menyelenggarakan PKSM secara maksimal. PKSM sendiri digelar dengan menampilkan berbagai macam jenis kesenian dan kebudayaan. Serta tari-tarian kebudayaan suku di Kabupaten Berau.

“Rencananya akan dilaksanak selama enam hari kedepan,” tegasnya.

Di sisi lain, tujuan PKSM itu sendiri yakni menjalin keakraban antar siswa-siswi di MAN itu sendiri. Silaturahmi antar siswa di kelar berbeda juga lebih baik dari sebelumnya.

Secara tidak langsung kata Khoir Rohamanilah, event itu mengajarkan murid-muridnya untuk bersosialisasi satu dengan yang lain. Hal ini menurutnya adalah yang sangat positif. Dengan begitu, siswa-siswi di sekolahnya dapat saling menghargai, tolong menolong dan bekerjasama dalam bidang apapun.

“Mereka bisa bersilaturahmi dan bersosialisasi dengan siswa-siswi dikelas berbeda. Yang tadinya tidak kenal menjadi kenal. Juga melatih kepercayaan diri mereka saat tampil di depan umum. Semoga acara ini berlangsung lancar sampai penutupan,” pungkasnya. (/)