Foto: Kepala KPPN Tanjung Redeb usai menyerahkan penghargaan bagi KL dan pemerintah kabupaten Berau

TANJUNG REDEB – Bupati Berau, Sri Juniarish menyerahkan petikan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) untuk Kementrian, Lembaga dan Satuan Kerja instansi vertikal di Wilayah Pemerintahan Kabupaten Berau yang diterbitkan oleh Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Tanjung Redeb pada Kamis (15/12/2022).

Kepala KPPN Tanjung Redeb, Gusti Hasbullah menjelaskan, selain pemberian penghargaan juga disampaikan bahwa dana Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) mengalami peningkatan di Tahun 2023 mendatang.

“Iya, untuk nilai TKD di Kabupaten Berau tahun depan naik lebih dari 50 persen,” jelasnya, Kamis (15/12/2022).

Kabupaten Berau sendiri untuk 2023 mendatang menerima peningkatan sebesar Rp 1,1 Triliun dari tahun ini. Sebelumnya, pada tahun 2022 sendiri, Berau menerima TKDD sebesar Rp 1,630 Triliun.

“Sehingga dana TKDD tahun depan sebesar Rp 2,730 Triliun,” terangnya.

Tak hanya TKDD, belanja Kementrian dan Lembaga (KL) di Kabupaten Berau juga menerima peningkatan sebesar Rp 10,9 Miliar dari pagu anggaran awal Rp 222,03 Miliar.

“Kalau belanja KL, totalnya di tahun depan Rp 232,93 Miliar,” jelasnya.

Dirinya berharap, penyerapan anggaran baik TKDD ataupu belanja di Kementrian dan Lembaga bisa lebih optimal lagi di tahun 2023.

Untuk tahun 2022 sendiri, Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP) Kelas II Tanjung Redeb didaulat sebagai Kementrian, Lembaga dan Satuan Kerja dengan nilai serapan tertinggi hingga November 2022 ini.

“Urutan nomor satu di KUPP Tanjung Redeb yang nilai serapan anggarannya mencapai 99,16 persen,” pungkasnya.

Terpisah, Kepala Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP) Kelas II Tanjung Redeb, Hotman Siagaan mengatakan bahwa pihaknya kali ini menerima penghargaan ini atas kerjasama yang baik antar lembaga juga.

“Atas sinergitas di dalam lembaga kami dan kordinasi yang apik dengan Kepala KPPN sehingga tercapai hal ini,” jelasnya.

KUPP Tanjung Redeb mampu secara maksimal menyerap anggaran dari Pagu yang disediakan senilai Rp5,2 Miliar.

Kedepan juga, Hotman mengatakan masih akan memanfaatkan waktu yang ada hingga akhir bulan untuk memaksimalkan penyerapan hingga 99,40 Persen.

Selain itu, Bupati Berau, Sri Juniarish saat menyerahkan penghargaan yang dikeluarkan oleh KPPN Tanjung Redeb terkait penyerapan terbaik anggaran hingga keaktifan penggunaan akun digital berharap bisa menjadi pemacu dan semangat bagi instansi lainnya untuk memaksimalkan penyerapan anggaran yang ada.

“Saya harap, penghargaan ini bisa jadi pemacu bagi rekan kerja lainnya untuk lebih semangat lagi kedepannya,” tutupnya. (*)