Foto: Bupati Berau Sri Juniarsih serahkan sejumlah tempat pembuangan sampah ke PKL di tepian Jalan Pulau Derawan.

TANJUNG REDEB, – Bupati Berau Sri Juniarsih, tinjau UMKM di sekitar Jalan Pulau Derawan, Tanjung Redeb, Rabu (14/12/2022). Dalam kunjungannya itu, tidak hanya menyerahkan 9 unit bak sampah untuk menampung sampah pedagang, tapi juga mengimbau masyarakat pedagang kaki lima (PKL) untuk menjaga kebersihannya.

Karena menurutnya, budaya kebersihan masih belum begitu maksimal ditetapkan di sana. Apalagi, di lokasi tersebut merupakan salah satu tempat di Tanjung Redeb yang ramai dikunjungi masyarakat untuk kulineran.

“Jadi, dengan penyerahan sejumlah bak sampah ini, dapat memudahkan PKL dan pengunjung membuang sampah pada tempatnya. Dan tidak membuang sampah sembarangan, apalagi ke sungai,” katanya, kemarin.

Sebagai pusat kota dari Kabupaten Berau, Sri menyebut, Kecamatan Tanjung Redeb merupakan wajah utama yang tentunya harus mendapatkan perhatian khusus. Mulai dari segi kebersihan, keindahan dan keamanannya.

Bahkan ke depan, pihaknya akan menambah fasilitas serupa, agar sampah dapat tertampung dengan baik. Dan tidak menimbulkan kesan kotor dan kumuh.

“Tempat wisata kuliner seperti di tepian ini perlu diperhatikan, apalagi di hari libur sabtu dan minggu pasti ramai. Tempat-tempat sampah dan fasilitas lainnya pasti sangat diperlukan,” jelasnya.

Oleh karena itu, Dikatakan Sri, Pemkab Berau akan mengupayakan menata tepian secantik mungkin. Ia berharap, kedepannya rencana Pemkab Berau di anggaran Tahun 2023 untuk melakukan penataan di tepian Derawan khususnya dapat terwujud.

“Semua sisi sarana prasarana akan kita lengkapi. Seperti toilet umum, juga termasuk gerobak para pedagang akan kita rapikan agar seragam dan lebih cantik lagi,” katanya.

Bahkan, peningkatan fasilitas tersebut tidak hanya akan dilakukan di tepian Jalan Pulau Derawan saja. Sejumlah tempat rekreasi masyarakat lainnya juga akan dilakukan peningkatan fasilitas yang sama.

Bahkan, pihaknya juga akan menyiapkan kapal pengangkut sampah, untuk membersihkan sampah yang hanyut dan terdampar di sekitar tepian. Baik itu sampah kayu, maupun sampah plastik.

“Dan akan menjadi prioritas kedepan. Karena tepian ini juga menjadi wajah Kota Tanjung Redeb yang harus selalu dipelihara,” tuturnya.

Dirinya juga berpesan, kepada masyarakat Berau, baik berdagang di sekitar tepi sungai, maupun yang bermukim di tepi sungai, untuk tidak membuang sampahnya di sembarang tempat. Apalagi diakuinya, tingkat kesadaran masyarakat dalam membuang sampah pada tempatnya, juga masih kurang.

“Saya berpesan, buanglah sampah pada tempatnya. Jangan buang sampah plastik di sembarang tempat, apalagi ke sungai. Demi kebaikan kita bersama,” pungkasnya.