Foto: Apel personel Polres Berau

TANJUNG REDEB – Dalam menjaga ketertiban masyarakat (Kamtibmas) dalam perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022, jajaran Polres Berau akan memperketat penjagaan dibeberapa lokasi perayaan.

Dijelaskan Kabag Ops AKP Ferbriadi Silvano Muabuay untuk memantau jalannya perayaan Nataru tentu pihaknya akan melakukan rapat Bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dalam menyiapkan langkah-langkah yang akan dilakukan dalam perayaan Nataru tersebut.

“Pastinya kita akan berkoordinasi dengan Forkopimda sama seperti tahun-tahun sebelumnya,” ujarnya.

Menurutnya perayaan Nataru tahun 2022 ini akan berbeda dengan dua tahun yang lalu. Pasalnya, jika dua tahun yang lalu kebebasan untuk beraktifitas ditiadakan. Dalam arti tidak ada perayaan-perayaan yang membuat kerumunan warga.

“Jika ditahun lalu semuanya dibatasi termasuk dengan ibadah, tetapi untuk saat ini ada kelonggaran untuk hal tersebut,” katanya.

Sehingga dengan begitu harus ada pengamanan yang lebih ekstra lagi. Seperti pengamanan tempat ibadah, tempat wisata serta lokasi yang menjadi titik kumpul masyarakat pada saar Nataru nanti.

“Jadi di libur panjangn nanti pastinya kita akan melakukan pengamanan di wilayah wisata, dan lokasi yang memang menjadi titik kumpul masyarakat pada umumnya,” jelasnya.

Dia juga mengaku bahwa dalam melakukan pengamanan sendiri pihaknya akan menurunkan kurang lebih 300 personel yang akan diturunkan diberbagai titik.

Tentunya, dalam pengamanan pihaknya tidak sendiri, sehingga akan bekerjasama dengan sthekohler yang ada di Bumi Batiwakkal.

“Tentu bekerjasama dengan TNI, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) serta sthekoholder lain itu pasti kita lakukan, dan nanti pasti akan ada rapat, kita tunggu seperti apa,” imbuhnya.

Untuk pengamanan di wilayah luar perkotaan, dirinya juga akan melakukan koordinasi dengan polsek-polsek agar bisa melakukan penjagaan diwilayahnya masing-masing.

“Tentunya pengamanan juga akan dilakukan seluruh wilayah hukum Polres Berau termasuk kecamatan-kecamat yang jauh dari perkotaan. Sehingga nanti kapolsek akan kita pinta untuk membuat tim untuk menjaga keamanan saat Nataru,” tandasnya. (*)