Foto: Bupati Berau Sri Juniarsih dan Wakil Bupati Berau Gamalis lepas Kontingen Berau di Porprov Kaltim 2022.

TANJUNG REDEB, – Bupati Berau Sri Juniarsih didampingi Wakil Bupati Berau Gamalis secara resmi melepas ribuan atlet yang akan mewakili Kontingen Berau di Porprov Kaltim 2022 pada 26 November mendatang. Pelepasan itu ditandai dengan penyerahan bendera kontingen dari Bupati Bupati Berau kepada Wakil Bupati Berau, yang menandakan, atlet Berau siap bertanding.

Dimomen itu juga, Sri Juniarsih memastikan akan ada bonus bagi yang berhasil meraih medali emas, perak ataupun perunggu sebagai bentuk penghargaan dan apresiasi bagi atlet berprestasi.

Hanya saja, tidak spesifik menyebutkan angkanya. Namun, dia memberi sinyal ada kemungkinan bonus yang diberikan berkisar Rp 50 Juta.

“(Rp 50 juta) Bisa jadi segitu jumlahnya untuk peraih medali emas,” ungkapnya.

Untuk itu, dirinya berharap, semua atlet di Kabupaten Berau dapat memberikan kemampuan terbaiknya di Porprov nanti. Menurutnya, Porprov kali ini, merupakan kesempatan paling baik bagi atlet Berau unjuk “gigi” kepada atlet dari daerah lain.

Apalagi, Berau juga sebagai tuan rumah tentu harus bisa lebih mendominasi setiap cabor yang ditandingkan.

Dikatakannya juga, di event olahraga terbesar di Kaltim tersebut, jumlah atlet Berau lebih banyak dari kontingen lain. Ini bisa jadi kesempatan, untuk meraih lebih banyak poin atau medali. Kendati demikian, dirinya juga berpesan kepada semua atlet, untuk tetap berlatih dengan baik dan terpenting selalu menjaga kesehatan selama Porprov.

“Saya yakin atlet yang dipilih ini, adalah yang terbaik dari yang terbaik. Memang semua atlet dari kontingen manapun tentu ingin jadi juara. Tapi, saya berharap, dengan motivasi dan semangat yang tinggi, kita harus jadi yang lebih baik,” ungkapnya.

Untuk target sendiri, Sri Juniarsih mengatakan, dengan melihat segala potensi atlet yang dimiliki, dirinya optimis bisa menjadi juara umum.

“Pada porprov 2018 Berau berada diurutan 5, saya yakin, di porprov ini kita bisa jadi juara umum,” tuturnya.

Di sisi lain, dirinya juga mengapresiasi kepada semua atlet, pelatih dan official yang telah melakukan persiapan sedemikian rupa, hingga diselenggarakannya Porprov.

Dirinya juga menekankan, meskipun bertindak sebagai tuan rumah, tidak hanya sekedar mengincar prestasi saja. Tapi bagaimana, menjadi tuan rumah yang baik bagi 9 kabupaten/kota yang datang bertanding di Bumi Batiwakkal.

Untuk itu, sebagai tuan rumah harus menjaga nama Berau, agar setiap kontingen yang datang ke Berau bisa betah dan memberikan kesan positif ketika meninggalkan Berau. Begitu, sebagai atlet, juga harus menjaga nama atlet Berau, yakni dengan memberikan prestasi.

“Sukses tuan rumah, sukses prestasi dan sukses pemberdayaan. Kami sangat yakin bisa memberikan yang terbaik sebagai tuan rumah,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dispora Berau, Amiruddin mengatakan, jumlah atlet dan official yang akan mewakili Berau di Porprov berjumlah 1.451 orang, terdiri dari 1.162 atlet dan 289 official.

Dia juga menjelaskan, meskipun sudah ada beberapa cabor yang sudah bertanding, hal itu tidak menjadi masalah, dan kegiatan pembukaan Porprov pada 26 November mendatang, tetap akan berlanjut seperti rencana.

“Sejauh semua berjalan dengan lancar. Harapan kami kegiatan ini berlangsung sukses tanpa ada kendala hingga penutupan pada 7 Desember mendatang,” pungkasnya.