Foto: UMKM Berau binaan Dekranasda

TANJUNG REDEB, – Porprov merupakan berkah bagi Berau. Selain kepentingan olahraga dan lainnya, menurut Bupati Berau Sri Juniarsih, menjadi ajang primosi wisata serta kesempatan memamerkan produk Berau. Ia meminta semua harus bisa ditampilkan dalam kegiatan tersebut.

Porprov menjadi ajang olahraga sekaligus wadah pemasaran produk Berau secara luas. Apalagi seluruh kabupaten dan kota di Kaltim akan datang.

Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Berau, Salim mengakui soal instruksi itu. Dipastikan, Diskoperindag sudah siap.

“Nanti bertepatan dengan tanggal 26, tentu kita akan gelar produk juga. Itu tepat pada acara pembukaan Porprov 2022,” jelasnya.

Mengambil tempat di area GOR pemuda, selama 2 pekan atau selama Porprov.

Untuk saat ini, pihaknya akan melakukan rapat terlebih dahulu, bersama dengan 13 Kecamatan yang ada, untuk mempersiapkan UMKM atau IKM mana yang akan ditampilkan.

Setidaknya untuk stand yang ada, nantinya kurang lebih sebanyak 16 stand. “Nanti camat boleh mengusulkan beberapa UMKM maupun IKM yang ingin ditampilakan,” tegasnya.

Tolak ukur tersebut, seperti adanya izin berusaha maupun kemasan yang cocok untuk dijual.

“Nanti ada forum UMKM yang akan mengkurasi lagi barang-barang yang bisa hadir. Yang pasti semua produk buatan Berau. Ada Coklat, Batik, pokoknya yang olahan khas Berau. Nanti stand Kriya juga ada sendiri,” bebernya.

Sejauh ini, pihaknya berharap agar ada anggaran lebih yang bisa mensupport agenda tersebut, walaupun persiapan anggaran sebagain berasal dari pihak Kecamatan itu sendiri. (*)