Foto: Mantan Bupati Berau 2 Periode Makmur HAPK

TANJUNG REDEB, – Permintaan dan ajakan Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara terhadap Pemerintah Kabupaten Berau untuk bisa bergabung ke Kaltara juga direspon mantan Bupati Berau Makmur HAPK. Dirinya mengatakan setuju-setuju saja, jika nantinya Berau memutuskan menerima tawaran Kaltara. Dia melihat, satu hal yang sangat penting dari tawaran itu adalah pendekatan pelayanan.

“Pertimbangan dalam pemekaran wilayah adalah pendekatan pelayanan. Tidak ada kata lain. Jadi saya setuju saja,” jelasnya.

Tetapi kata dia, yang berhak memutuskan itu adalah Pemerintah Kabupaten Berau, dan seluruh elemen masyarakat. Namun diingatkannya, dalam agenda tersebut, hendaknya tidak unsur politis, yakni siapa ingin jadi apa.

Namun kata Makmur, ajakan gabung ke Kaltara, harus berdasarkan manfaat dan hajat hidup orang banyak. Tidak melulu soal politis.

“Itu tidak boleh. Kalau seperti ini, harus yang diutamakan pendekatan pelayanan. Itu yang paling utama,”tegasnya.

Namun ditegaskan Makmur, semua itu harus berdasarkan keputusan bersama antara semua pihak. Serta juga harus mempertimbangkan untung ruginya.

Bahkan kalau perlu, juga harus ada kajian teknis mengenai dampak dari gabung nya Berau ke Kaltara.

“Kalau tujuannya mendekatkan pelayanan, saya setuju saja. Tapi itu kembali kepada kepala daerah dan masyarakat Berau,” pungkasnya. (/)