Foto: Abdul Waris Anggota Komisi III DPRD Berau

TANJUNG REDEB- Ketua Umum PB Porprov VII, Bupati Berau, Sri Juniarsih, secara resmi memutuskan pemindahan beberapa cabor yang semula di Bidukbiduk, dipindah ke Pulau Derawan. Keputusan itupun menjadi perhatian khusus Anggota Komisi III DPRD, Abdul Waris.

Dia menilai pemindahan itu dikatakannya tidak relevan dengan semangat warga Bidukbiduk yang sudah bersiap dari jauh hari.

Atas keputusan itupun, ia mengaku kecewa. Iya mengaku, banyak mendapatkan keluhan masyarakat melalui pesan singkatnya. Dari kepala kampung, maupun tokoh-tokoh masyarakat yang kecewa dengan keputusan sepihak dari PB Porprov.

Untuk diketahui, ada empat cabor yang dipindah, yakni voli pantai, bola tangan pantai, korfball pantai, dan kabaddi pantai.

“Tentu ini menjadi cerminan ketidaksiapan pemerintah dalam menyiapkan agenda 4 tahunan ini. Padahal keputusan penetapan tuan rumah sudah 3 tahun lalu, di zaman almarhum pak Muharram jadi bupati,” katanya.

Menurutnya, kalau alasan akses jarak, itu kan konsekuensi dari luas wilayah Berau. Di sisi lain, kenapa beberapa cabor di sebar agar keinginan ternjadinya sukses ekonomi dapat tercapai.

Sementara, penentuan cabor di Kecamatan Bidukbiduk bukan hanya untuk meningkatkan kunjungan wisata di Bidukbiduk saja. Tapi juga di kecamatan sekitarnya, seperti objek-objek wisata air panas Biatan, hiu tutul Talisayan dan Danau Tulung Ni’lenggo yang akan memiliki efek ekonomi.

Apalagi, beberapa objek itu dikelola oleh Bumdes atau BUMK, tentu ini akan menambah PAD kampung.

“Saya memilihat PB Porprov tidak lagi berpikir mensuseskan ekonomi dimasyarakat, tapi lebih kepada bagaimna event ini terlaksana karna persiapan yang tidak matang,” pungkasnya. (/)