Foto: bersama pengurus KKSS Kabupaten Berau beserta Bupati Berau, Sri Juniarsih

TANJUNG REDEB- Taupan Madjid kembali terpilih dalam Musyawarah Daerah (Muda) VIII periode 2022-2027 yang digelar pada, Sabtu (22/10/2022). Acara itu juga dihadiri oleh Bupati Berau Sri Juniarsih, Ketua DPRD Provinsi Kaltim Makmur HAPK, Wakil Ketua I DPRD Berau Syarifatul Sa’diah, sejumlah tokoh KKSS Provinsi Kaltim dan KKSS Berau. Serta sejumlah tamu undangan lintas etnis Berau.

Acara Musda sendiri dibuka dengan tari-tarian khas Sulawesi Selatan. Acara secara keseluruhan berlangsung lancar dan tertib. Usai Musda, Ketua KKSS Berau Taupan Madjid mengatakan, sebelum Musda dilakukan, sebenarnya sudah ada pertemuan dengan sejumlah elemen atau tokoh masyarakat KKSS Berau, agar dapat kembali bersama-sama, dan sepakat untuk kembali melanjutkan.

“Yang jelas, kami tetap menjalankan apa yang menjadi hukum acara terkait dengan program-program kerja,” jelasnya.

Melalui kegiatan pembukaan musda kata dia, sudah bisa menunjukkan bahwa kerukunan antar suku dan ras di Kabupaten Berau sudah tercipta dengan harmonis. Apalagi dari potensi orang-orang di KKSS, terbukti turut mengembangkan budaya dan ikut turut serta membangun Kabupaten Berau menjadi lebih maju.

Dirinya juga mengajak, warga KKSS yang memiliki potensi lebih untuk menguatkan persatuan dan bergabung, agar dalam berbagai jenis pekerjaan dapat diselesaikan dengan mudah.

Dijelaskan, KKSS merupakan salah satu organisasi terbesar di kabupaten Berau yang cukup banyak membantu masyarakat dan juga turut berkontribusi dalam pembangunan di Kabupaten Berau.

“Dari segi SDM juga terus dikembangkan. Dann warga KKSS juga banyak dari kalangan ASN, aparat kampung, pengacara, pengusaha, di semua lini warga kami juga ada,”terangnya.

Di momen Musda ke VIII ini, dirinya berharap, program kerja yang sebelumnya belum sempurna, kedepan akan disempurnakan lagi. Ada 3 visi misi yang ingin diwujudkannya saat pertama memimpin KKSS Berau, salah satunya menjaga silaturahmi.

Kemudian, terkait masalah sosial, dan itu sudah dilakukan diperiode pertamanya, di mana cukup banyak warga KKSS yang kurang mampu diberi bantuan berkat penggalangan bantuan oleh warga KKSS yang memiliki kemampuan, dibuktikan dengan pertanggungjawaban.

Selanjutnya, masalah budaya. Untuk saat ini, dia melihat sudah cukup baik, dengan banyaknya pertunjukan yang ditampilkan di pembukaan musda.

“Khusus untuk kepedulian, kami dari KKSS cukup intens memberikan bantuan kepada warga KKSS yang tidak mampu. ini bentuk kepedulian kami. Kami di KSS tidak punya anggaran sebenarnya, tapi dengan keberadaan orang-orang mampu, itu kami gerakkan agar mereka mau berbagi,”

Disisi lain, untuk program kedepan, KKSS Berau akan melebarkan sayapnya ke seluruh kecamatan di Kabupaten Berau. di mana di setiap kecamatan, akan ditempatkan perwakilan KKSS Berau. Yang sudah berdiri cabang KKSS Berau, baru di Kecamatan Sambaliung, Kampung Pilanjau Mantaritip, dan Kampung Tanjung Batu, Kecamatan Pulau Derawan.

“Itu rencana kami kedepan. karena organisasi ini kan struktural, selain di daerah nan ti ada juga cabang di kecamatan,” tuturnya.

Sementara itu, Bupati Berau Sri Juniarsih dalam sambutannya, memberikan apresiasi kepada warga KKSS yang selama ini berperan penting dalam pembangunan Bumi Batiwakkal.

Termasuk hubungan baik antara warga Sulawesi Selatan bersama suku asli Kabupaten Berau dan suku lainnya, yang selama ini terjalin dengan baik.

Menurutnya, warga KKSS yang merupakan organisasi besar di Bumi Bariwakkal, sudah melaksanakan perannya, dalam berkontribusi dalam membantu masyarakat dan peningkatan pembangunan di Kabupaten Berau. Tidak lupa dia juga mengucapkan selamat kepada Taipan yang kembali terpilih dalam sebagai Ketua BPD KKSS untuk periode 2022-2027.

“Kami ucapkan selamat kepada Taupan, yang telah kembali terpilih sebagai Ketua BPD KKSS. semoga KKSS lebih maju, dan berkembang dari sebelumnya,” katanya.

Dirinya juga berharap, BPD KKSS sebagai organisasi yang menonjol di Kabupaten Berau tetap kompak dalam memberikan program kerja nyata untuk daerah dan selaras dengan visi misi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau

“Sama-sama kita ciptakan Berau yang kondusif, nyaman dan aman. Serta selalu jaga kekompakan warga KKSS agar dapat lebih maju lagi kedepan,” pungkasnya.