Foto: Kawasan kuliner tepian ahmad yani

TANJUNG REDEB,-Sejumlah fasilitas pendukung jalan bakal dilakukan pemeliharaan tahun depan. Salah satunya di kawasan pemeliharaan tepian Jalan Pulau Derawan dan jalan Ahmad Yani. Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Berau, akan melakukan pembenahan pada trotoar jalan yang sudah mulai rusak di beberapa titik.

Selain trotoar juga tanaman banyak yang rusak.Kabid Preservasi Jalan dan Jembatan DPUPR Berau, Junaidi mengatakan, pemeliharaan dilakukan pada trotoar lama di kedua kawasan ini.

“Selain pembenahan trotoar, juga penataan tanaman, perbaikan pot dan pengecatan,” katanya. Pekerjaan yang direncanakan untuk pemeliharaan sepanjang 600 meter.

Meski demikian, belum diperkirakan berapa anggaran yang akan disiapkan untuk pekerjaan itu.

“Saya belum bisa menyampaikan, yang pasti harus dihitung dan direncanakan dengan baik dulu,” katanya.

Disebutkan, saat ini ada beberapa penutup trotoar dari papan yang patah karena penutup besinya mengalami kerusakan bahkan ada yang hilang. Tidak itu saja, ada juga pasangan paving blok mengalami penurunan karena lapisan tanah dibawahnya tergerus air.

“Secara umum, itu terjadi karena belum maksimalnya pemeliharaan yang dilakukan,” ujarnya. Tentu pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Berau selaku OPD yang bertanggung jawab terkait kebersihan di tepian.

“Insya Allah rencananya tahun depan akan kami lakukan pemeliharaan. Saat ini masih direncanakan,” terangnya.

Dijelaskannya, kondisi trotoar yang dibangun saat ini memfungsikan bagian atas drainase dengan sistem tertutup.

Permukaan drainase yang tertutup dapat dimanfaatkan sebagai trotoar, taman atau ruang terbuka dengan tidak mengurangi fungsi drainasenya. Tentu lebih rapi dan aman.

Rencananya tambah Junaidi, semua tepian akan menggunakan sistem drainase tertutup. Kalau sekarang masih ada sebagian yang terbuka,” tutupnya. (*)