pFoto: Bupati Berau Sri Juniarsih

TANJUNG REDEB, – Program sekolah siaga kependudukan (SSK) menjadi salah satu upaya yang kini dicanangkan Pemkab berau. Bahkan Bupati Berau Sri Juniarsih dukung penuh program SSK di Kabupaten Berau. Sudah direncanakan akan membentuk 16 satuan pendidikan,untuk jenjang SD/MI, SMP/MTS di 4 kecamatan Kota terdekat.

Program tersebut merupakan sejalan dengan tujuan Pemkab Berau, dalam memajukan Bumi Batiwakkal, agar tercipta sumber daya manusia (SDM) yang handal dan berkelanjutan.

Menurut Sri Juniarsih, pemenuhan SDM maju dan unggul, adalah aspek yang sangat penting dan faktor utama dalam meningkatkan pembangunan daerah. Sehingga, tidak hanya sekedar mengandalkan pengalaman saja, tetapi pendidikan formal juga sangat penting.

“Meningkatkan SDM maju dan unggul sebenarnya sudah dilakukan sejak anak memasuki pendidikan usia dini. Dan jenjang-jenjang setelahnya. Tapi, tentu perlu didukung dengan program-program yang sesuai dengan kemajuan seperti sekarang,” ujarnya.

Saat ini, seiring dengan terus bertambahnya jumlah penduduk, dan rendahnya tingkat pendidikan, dan kesehatan, menjadi salah satu faktor harus diselesaikan. Belum lagi, dengan adanya fenomena kenakalan remaja saat ini tentu akan membahayakan generasi muda sekarang.

Dengan adanya Sekolah Pendidikan Siaga Kependudukan, diharapkan dapat menjadi pembentukan generasi berencana. Sehingga tenaga pendidik dan peserta didik dapat memahami berbagai isu kependudukan. Dan guru kata dia, harus mampu mengintegrasikan isu kependudukan ke dalam pembelajaran.

“Ini sangat penting. Karena tentu kita semua sepakat, pendidikan adalah nomor satu. Saya juga berharap, kedepan, tidak ada lagi anak-anak putus sekolah. Pemkab akan selalu berupaya, membantu dan menjaga agar putra putri Berau, dapat melanjutkan pendidikan minimal tamat SMA sederajat,” pungkasnya. (*)