Foto: Lomba Perahu Panjang yang dilaksanakan di Sungai Kelay Juni lalu

TANJUNG REDEB- Berbagai acara dalam perayaan hari jadi Kabupaten Berau ke-69 tahun dan Kota Tanjung Redeb ke-212 tahun, akan diselenggarakan. Mulai dari pesta rakyat, ekspo, hingga pesta bakar ikan (manutung jukut). Namun, tidak ada lomba perahu panjang tradisional.

Padahal, lomba perahu panjang itu, merupakan salah satunya event favorit dan selalu diselenggarakan setiap perayaan hari jadi Kabupaten Berau dan Tanjung Redeb.

Kepala Disbudpar Berau, Ilyas Natsir mengaku, lomba perahu panjang tahun ini tidak masuk dalam agenda. Bahkan, panitia hari jadi juga, tidak menganggarkan eventnya.

“Kalau lomba perahu panjang memang belum diagendakan,” katanya.

Hanya, bukan berarti tidak ada peluang perahu panjang itu akan di lomba kan, seperti perayaan di tahun-tahun sebelumnya. Tentu kata Ilyas, akan dilakukan pertimganga-pertimbangan lagi.

“Nanti akan dilihat situasinya nanti. Akan dibahas lebih lanjut soal itu. Yang jelas, masih ada harapan lomba itu dilaksanakan. Apalagi, lomba perahu panjang ini merupakan salah satu budaya Kabupaten Berau, yang tentu harus dilestarikan,” jelasnya.

Adapun, puncak hari jadi sendiri akan dilakukan beberapa kegiatan selain pesta rakyat. Yakni, beberapa lomba, seperti lomba lagu daerah tingkat SMA yang rencananya digelar pada 10-12 September 2022, lomba membuat Puncak Rasul dan Ancur Paddas pada 16 September 2022.

Tidak itu saja, juga akan ada kuliner tradisional massal dan panggung hiburan rakyat guna menambah kemeriahan hari jadi. Pesta rakyat sendiri, nantinya akan ditutup dengan pesta Bakar Ikan atau Manutung Jukut yang akan digelar di Tepian Ahmad pada 18 September 2022.

“Tentu kami ingin, rangkaian kegiatan hari jadi ini berjalan dengan lancar dan meriah,” pungkasnya.