Foto: Apel gabungan di halaman kantor bupati

 TANJUNG REDEB, – Untuk efektivitas kinerja pegawai,  Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Berau meminta ASN Berau kembali disiplin dan tetap bekerja dari kantor. Sebab WFH saat ini bersifay fleksibel. 

Kepala BKPP Berau, Sri Eka mengatakan, ada kondisi tertentu seperti ada pegawai yang sakit pasca  berpergian, barulah bisa diberi kebijakan untuk WFH. Begitu juga dengan pegawai dalam kondisi suspek Covid-19.

Dengan kondisi terkini, OPD sudah seharusnya normal seperti biasa, dengan tetap memperhatikan prokes yang ada. Pihaknya meminta tegas agar pengawasan kedisiplinan juga terus diawasi.

“Saat ini sudah pelan-pelan berjalan normal kembali, untuk dibeberapa OPD juga sudah melakukan fingerprint. Kami sudah melakukannya, ini juga berlaku untuk semua OPD bisa melakukannya kembali,” tegasnya.

Kepala masing-masing OPD diminta mampu mendisiplinkan seluruh bawahannya. Seperti tidak sering meninggalkan kantor untuk urusan yang tidak terlalu penting. 

Termasuk tugas terus mengingatkan bahwa sampai saat ini masih dalam status pandemi. 

“Kuncinya itu pada kepala OPD, mereka harus bisa mengawasi bagaiman kinerja dikantor, apakah masih banyak yang absen, karena tindakan teguran pertama ada di lingkup OPD itu sendiri,” terangnya.

BKPP juga terus melakukan evaluasi, terutama pda kehadiran pegawai. Jika ditemukan banyak ASN yang tidak hadir dihari kerja, biasanya berasal dari laporan OPD masing-masing, dan akan diproses setelahnya.

Namun, proses tersebut bertahap. Jika ASN ditemukan tidak masuk dalam kurun waktu tertentu, bisa berakhir dengan pemberhentian. (*)