Foto: Perbaikan jembatan Sambaliung tinggal menunggu hari. Aktivitas akan ditutup total

TANJUNG REDEB, – Bupati Berau Sri Juniarti memastikan penyeberangan bagi warga Tanjung Redeb-Sambaliung gratis. Menyusul rencana perbaikan total jembatan Sambaliung. 

Dalam operasionalnya nanti Pemkab Berau memanfaatkan kapal feri untuk melayani penyeberangan. Ketetapan ini diambil berdasarkan pertimbangan keamanan. Rencana awal penyeberangan menggunakan LCT.

Selain kurang aman juga mempertimbangkan biaya yang dinilai cukup mahal.

Namun, Ia meminta kepada masyarakat Berau, untuk tidak khawatir mengenai masalah penyebrangan, apalagi, statusnya kini gratis dan tidak dipungut biaya.

Kecuali, jika masyarakat menggunakan moda lain, selain yang disediakan oleh Pemkab Berau. Misalkan penggunaan kapal ketinting, yang ada di sekitaran sungai penyebrangan.

“Jadi untuk masyarakat tidak dipungut biaya untuk menyebrang. Saat ini, hanya tinggal teknisnya saja agar segera diatur dalam proses perbaikan September mendatang,” jelasnya.

Pengerjaan perbaikan jembatan juga akan dilaksanakan secepatnya.

Meski begitu, dirinya meminta akan ada pertemuan lanjutan. Terutama dengan beberpa perusahaan di Berau, terutama perusahaan sawit.

Menurut Bupati, perusahaan juga harus mendukung langkah Pemkab Berau dan pihak Provinsi, dimana dalam keadaan ini, harus bersinergi membantu pembangunan jembatan utama. 

Tinggal, nanti ada beberapa hal yang perlu dirampungkan, seperti sistem penyebrangan untuk jenis kendaraan, waktu penyebrangan yang diwacana 24 jam, maupun berapa jumlah feri yang akan disediakan.

“Kalau sekarang ini sudah masuk dalam pembuatan jetty ya, intinya ini memang harus dikebut, biar tidak molor lagi dari September,” tegasnya.

Sementara itu, Ia meminta kepada seluruh elemen masyarakat untuk mendukung pembangunan jembatan Sambaliung, guna kepentingan bersama. (*)