Foto: Syarifatul Syadiah saat dilantik sebagai Ketua DPD IKAPAKARTI Berau 2021-2026

TANJUNG REDEB,- Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Ikatan Paguyuban Keluarga Tanah Jawi (IKAPAKARTI) Berau periode 2021-2026 akhirnya resmi dilantik.

Pelantikan paguyuban keluarga suku jawa terbesar di Berau itu, terasa istimewa lantaran disaksikan langsung Dewan Pembina IKAPAKARTI, Ganjar Pranowo yang juga menjabat Gubernur Jawa Tengah secara virtual.

Ketua terpilih DPD IKAPAKARTI Berau Syarifatul Syadiah mengatakan, amanah yang diberikan belasan peguyuban yang ada di DPD IKAPAKARTI merupakan bagian dari ibadah. Sehingga ia komitmen untuk menjaga dan meningkatan peran serta keluarga besar suku jawa di Bumi Batiwakkal, dalam meningkatkan perekenomian daerah. 

“Mari bersinergi bersama bersama pemerintah daerah maupun lintas sektor lain demi kemajuan Bumi Batiwakkal,”ucapnya Sabtu (16/07/2022) malam.

Perempuan yang juga menjabat wakil ketua I DPRD Berau ini juga menegaskan, IKAPAKARTI bukan organinasi politik. Sebab, dalam kepengurusan saat ini, banyak melibatkan tokoh-tokoh daerah baik dari legislatif, yudikatif, eksekutif dan pengurus partai politik. Serta di dalamnya berbaur dari berbagai masyarakat jawa dengan berbagai banyak warna layaknya pelangi yang sangat indah.

“Layaknya Bhineka Tunggal Ika, meskipun berbeda-beda tapi tetap satu. Karena perbedaan adalah rahmat yang harus di syukuri,”tegasnya.

Dengan dikukuhkannya kepengurusan DPD IKAPAKARTI Berau yang baru ini, Syarifatul juga mengaku banyak pekerjaan rumah yang harus dituntaskan. Diantaranya penyelesaian pembangunan sekretariat DPD IKAPAKARTI yang telah mulai tahap pembangunan setelah direncanakan sejak 12 tahun lalu.

“Tugas itu menunggu, jadi mari bersama-sama bergotong royong kita menuntaskan apa yang sudah diamanatkan DPP. Termasuk konsolidasi di tingkat kecamatan dan kampung serta menciptakan kegiatan sosial kemasyarakatan,”tutupnya.

Di lokasi yang sama, Bupati Berau Sri Juniarsih, meminta IKAPAKARTI menjadi wadah masyarakat jawa yang ada di Bumi Batiwakkal dalam meningkatkan perekonomian warga dan daerah. 

Yang terpenting kata dia, IKAPAKARTI harus menjadi wadah yang independen sehingga kepentingan warga jawa akan selalu diutamakan tanpa ada kepentingan politik.

“Selamat kepada kepengurusan DPD IKAPAKARTI Berau yang baru dilantik, semoga apa yang diamanahkan dalam mensejahterakan anggota dan masyarakat Berau pada umumnya benar benar terwujud,”tandasnya(*)