Foto: Wakil Bupati saat menyampaikan ekspos penetapan lokasi RS Tipe B di Pemprov Kaltim

SAMARINDA – Pemerintah Kabupaten Berau terus memantapkan persiapan pembangunan rumah sakit umum daerah (RSUD) tipe B yang telah ditetapkan sebagai salah satu program prioritas. Dipimpin Wakil Bupati Berau, Gamalis, Tim Pemkab Berau melakukan ekpos penetapan lokasi dan rencana pembangunan kepada jajaran Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur.

Ekpsos yang digelar di ruang pertemuan Tepian Kantor Gubernur Kaltim, pada Kamis (7/7/2022) diikuti Plt Asisten I bidang pemerintahan dan kesra Setprov Kaltim, Deni Sutrisno. Selain Wabup Gamalis, dari Pemkab Berau diikuti Asisten III, Maulidiyah dan beberapa pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait.

Dari pertemuan tersebut, Pemprov Kaltim menegaskan mendukung penuh pembangunan rumah sakit baru sebagai pengganti dari RSUD Abdul Rivai yang ada saat ini. Pemprov telah menerima dan melakukan verifikasi dokumen rencana pembangunan yang disampaikan.

Pemprov mendukung rencana strategis daerah dan akan mengkaji apakah akan menetapkan pendelegasian kewenangan Pemprov kepada Pemda berdasarkan pertimbangan efektivitas, efisiensi, dan sumber daya manusia atau tetap dilaksanakan oleh tim pemerintah provinsi Kaltim.

Wabup Gamalis, menjelaskan pembangunan rumah sakit merupakan satu dari 18 program prioritas yang telah ditetapkan sesuai dengan RPJMD Pemkab Berau 2021-2026. Sehingga diharapkan prosesnya berjalan lancar dan dapat segera terbangun sesuai dengan harapan masyarakat.

“Alhamdulillah antara pemerintah kabupaten Berau dan Pemprov Kaltim serta kementerian koordinator bidang perekonomian dan investasi yang mengikuti ekpos mencapai kesepakatan dengan koreksi perubahan dokumen perencanaan pengadaan tanah (DPPT) menjadi dokumen perencanaan penanganan dampak sosial masyarakat (DPDS),” ungkapnya.

Seiring dengan tahapan ini, Wabup Gamalis berharap proses pembangunan rumah sakit di Bumi Batiwakkal dapat segera terwujud. Untuk itu tim yang terlibat dari lintas OPD diharapkan Gamalis dapat terus bekerja.

“Kami datang dengan tim dari OPD terkait, ini untuk menyakinkan Pemprov kalao Berau serius untuk segera membangun rumah sakit,” tandasnya