Foto: Bupati Sri Juniarsih saat berswafoto bersama Lembaga Pemangku Adat Wilayah Kesultanan Gunung Tabur Minggu (03/07/2022)

TANJUNG REDEB – Lembaga Pemangku Adat Wilayah Kesultanan Gunung Tabur (LPAWK-GT) memperingati hari ulang tahun ke-7. Secara resmi dibuka oleh Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas, Minggu (3/7) di Rumah Kuning Gunung Tabur.

Rangkaian peringatan ini akan dilaksanakan selama sepuluh hari penuh. Yang akan diisi dengan panggung hiburan, budaya Nusantara, perlombaan agai-ulai taruna, kesenian kampung se-Kecamatan Gunung Tabur, hapalan ayat pendek Al Quran serta aneka kuliner dari mitra UMKM.

Peringatan ini seharusnya dilaksanakan pada Maret 2022 lalu, namun tingginya kasus covid-19 membuat panitia harus menunda hingga bulan Juli. Kondisi pandemi juga yang membuat peringatan HUT ini tidak dilaksanakan selama dua tahun.

Bupati Sri Juniarsih memberikan apresiasi atas pelaksanaan ini. Diharapkan ini menjadi momentum dalam memperkuat silahturahim, kekompakan dan kerja sama antar masyarakat. Termasuk mempromosikan adat dan budaya Gunung Tabur kepada generasi muda.

“Mari kita terus mempromosikan potensi wisata kita. Termasuk adat dan budaya. Tetap dipertahankan selalu. Pemerintah memberikan perhatian penuh dalam optimalisasi budaya ini,” jelasnya.