TANJUNG REDEB- Asisten II Setkab Berau Agus Wahyudi, mewakili Bupati Berau melepas kontingen Special Olympic Indonesia Kabupaten Berau menuju Pekan Spesial Olympic Nasional (PeSonas) ke-1 tahun 2022 di Semarang, Kamis (30/6). Kontingen Berau akan mewakili cabor sepak bola dari Kaltim.

Event itu rencananya, akan dimulai Minggu hingga Jumat (3-8/7) mendatang di Holy Stadium, Semarang. Ada sekira 21 orang rombongan kontingen Berau yang diberangkatkan turut serta mewakili Kalimantan Timur.

Asisten II Setkab Berau, Agus Wahyudi usai melepas kontingen special Olympic Indonesia Kabupaten Berau mengaku, selain merasa bangga, dirinya juga terharu. Sebab, dengan kondisi keterbatasan, para atlet tersebut memiliki semangat yang luar biasa untuk mengharumkan nama Kabupaten Berau.

Dalam event PeSonas itu kata dia, kendati tidak memiliki target khusus, paling tidak mereka akan berusaha memberikan yang terbaik di pertandingan nanti.

“Kami ingin mereka bermain lepas tanpa ada target. Keikutsertaan mereka di event itu sudah sangat membuat kami bangga,” katanya.

Dijelaskannya juga, Berau kata dia, masih sangat peduli dengan kemajuan olahraga disabilitas. Bahkan Berau, ditunjuk sebagai ketua atlet penyandang cacat untuk wilayah Kalimantan Timur.

“Dan kami di pemerintah sangat mendukung olahraga seperti ini,” katanya.

Sementara itu, Kadispora Berau, Amiruddin menjelaskan, atlet dari kontingen Berau sengaja ditunjuk mewakili Kaltim untuk cabor sepak bola. Alasannya, mayoritas atletnya sudah pernah mengikuti berbagai kejuaraan, dan selalu mendapatkan prestasi.

Bahkan, atlet-atlet itu juga rutin berlatih di lapangan Batiwakkal, sebelum diikutsertakan ke PeSonas.

“Terakhir mereka ini juara di negara Brunai. Kalau menang di Semarang, mereka akan mewakili Indonesia ke Jerman. Karena mereka ini memang sering mewakili Indonesia ke luar negeri. Bahkan salah satu atletnya juga, akan mengikuti TC setelah event PeSonas,” jelasnya.

Dirinya berharap, atlet-atlet Berau dapat kembali meraih prestasi, sehingga bisa mewakili Indonesia bertanding di kasta lebih tinggi.

“Harapannya bisa menang,” pungkasnya.(*)