Reporter : Redaksi
|
Editor : Syaifuddin Zuhrie

JAKARTA,- Salah satu laga terbesar yang banyak menyita perhatian pencinta sepak bola bakal berlangsung pada Minggu (27/10/2024) dini hari, sekitar pukul 02.00 WIB nanti. Pertandingan di Liga Spanyol ini merupakan duel terbaru El Clasico antara tuan rumah Real Madrid vs Barcelona di Santiago Bernabeu.

Barcelona telah menjadi tim yang menonjol di Liga Spanyol musim ini. Klub Catalan saat ini berada di puncak klasemen La Liga (27 poin), sementara Real Madrid (24) berada pada posisi kedua, tiga poin di belakang rival mereka menjelang pertandingan ini.

Real Madrid diyakini belum berada dalam performa terbaiknya pada awal musim 2024/2025. Namun, hingga 10 pekan pertandingan berlangsung mereka masih belum terkalahkan pada Liga Spanyol musim ini.

Los Blancos telah menang tujuh kali dan seri tiga kali dari 10 pertandingan untuk mengumpulkan 24 poin. Tim asuhan Carlo Ancelotti tertinggal tiga poin di belakang pemuncak klasemen Barcelona.

Kekalahan pada pertandingan dini hari nanti akan berakibat cukup parah untuk melangkah di kompetisi ini. Namun Los Blancos telah memiliki pengalaman tak terkalahkan bahkan menang dalam empat kali pertemuan terakhir lawan El Barca.

Los Blancos menang dua kali atas Barcelona pada liga musim lalu, termasuk kemenangan 3-2 di Bernabeu. Mereka juga belum pernah kalah di kandang sendiri atas tim Catalan itu di Liga Spanyol sejak Maret 2022.

Dikutip dari Beritasatu.com, pada akhir pekan lalu, Real Madrid menang 2-1 atas Celta Vigo di La Liga. Kemudian mereka mampu bangkit mengalahkan Borussia Dortmund 5-2 di Liga Champions.

Awal musim ini ada sejumlah masalah yang dialami Madrid. Masuknya striker Prancis Kylian Mbappe ternyata telah membuat performa ciamik Jude Bellingham pada musim lalu turun signifikan untuk jumlah gol dan assist.

Real Madrid memiliki empat pertandingan lagi sebelum jeda internasional terakhir pada 2024 ini. Mereka harus menghadapi Barcelona, Valencia, dan Osasuna pada Liga Spanyol, kemudian menjalani pertandingan kandang Liga Champions melawan klub raksasa Italia AC Milan.

Los Blancos kini telah menjalani 42 pertandingan tanpa terkalahkan di La Liga. Kekalahan terakhir mereka di kompetisi ini terjadi saat melawan Atletico Madrid pada September 2023.

Los Blancos juga punya ambisi berupaya menyamai rekor tak terkalahkan sepanjang masa Barcelona di Liga Spanyol akhir pekan ini, yang terjadi antara April 2017 hingga Mei 2018.

Sementara itu, pendukung Barcelona sempat terkejut saat manajemen klub menunjuk Hansi Flick sebagai pelatih kepala. Namun, pelatih asal Jerman itu mengawali musimnya dengan sangat baik di klub, dengan raksasa Catalan itu tampil cemerlang pada awal musim 2024-25.

Performa Barcelona bahkan lebih mengesankan jika mempertimbangkan masalah cedera yang tengah mereka alami. Klub Catalan telah memenangi sembilan dari 10 pertandingan liga mereka, dan mengumpulkan 27 poin, yang membuat mereka berada di puncak.

Barcelona musim ini juga tercatat tim pencetak gol terbanyak di liga utama Spanyol dengan 33 gol. Jika dirata-ratakan El Barca mampu mencetak lebih dari tiga gol per pertandingannya.

Tim asuhan Flick telah menang dalam empat pertandingan terakhir mereka pada semua kompetisi, termasuk kemenangan 5-1 atas Sevilla di La Liga akhir pekan lalu. Mereka akan memasuki pertandingan el clasico ini dengan bekal kemenangan meyakinkan di Liga Champions.

1690673732 2000x1322 1

Pemain Barca, Raphinha mencetak tiga gol dalam kemenangan 4-1 atas Bayern Munchen di Liga Champions. Kini dengan para pemain yang mulai kembali bugar, tanda-tandanya sangat positif bagi Barcelona, yang akan mengikuti El Clasico dan derbi Catalan melawan Espanyol selanjutnya.

Seperti Real Madrid, Barcelona memiliki empat pertandingan lain sebelum jeda internasional November 2024. El Barca menghadapi Espanyol dan Real Sociedad di Liga Spanyol, kemudian perjalanan ke Red Star Belgrade di Liga Champions.

Dengan materi pemain yang bertabur bintang, sulit untuk membedakan dan memprediksi hasil akhir duel El Clasico terbaru ini. Madrid bisa saja diuntungkan sebagai tim tuan rumah, tetapi Barcelona datang dengan misi membalas semua kekalahan yang mereka alami pada musim lalu. Apalagi mereka datang dengan predikat tim paling tajam di Liga Spanyol.

Pertandingan ini bisa saja berujung hasil imbang. Hanya saja, dalam lima musim terakhir, duel Real Madrid vs Barcelona yang berakhir imbang terakhir kali terjadi pada Desember 2019. Kemudian hasil imbang terakhir di Bernabeu terjadi pada 2011.

Satu hal yang pasti, duel El Clasico selalu berlangsung menarik, tegang, dan dipenuhi bumbu drama antarpemain.

Kondisi Tim

Real Madrid kehilangan dua pemain pilarnya menjelang dueldengan Barcelona. Kiper utama Thibaut Courtois dan pemain depan Rodrygo keduanya absen selama dua hingga tiga minggu ke depan karena masalah yang diderita saat melawan Dortmund.

Oleh karena itu, Andriy Lunin siap untuk mengisi posisi penjaga gawang. Sementara absennya Rodrygo diperkirakan akan menyebabkan perubahan formasi. Bellingham akan tampil di belakang dua penyerang Vinicius Jr dan Mbappe.

Bellingham belum mencetak gol pada musim ini, tetapi Vinicius menambah jumlah golnya menjadi delapan gol musim ini, setelah tiga golnya melawan Dortmund. Sementara Mbappe telah mencetak delapan gol dalam 13 penampilan.

Brahim Diaz kembali ke tim mungkin memberikan opsi menarik di bangku cadangan pada babak kedua pertandingan nanti. Sementara David Alaba dan Dani Carvajal akan absen bersama Courtois dan Rodrygo.

Sedangkan untuk Barcelona, Frenkie de Jong, Dani Olmo, dan Gavi semuanya telah kembali bugar setelah masalah yang mereka alami musim ini. Hanya saja ketiganya mungkin tetap berada di bangku cadangan.

Marc Casado mendapat pujian khusus dari Hansi Flick atas penampilannya musim ini. Kemungkinan besar ia akan terus bermain di lini tengah bersama Pedri. Sementara Fermin Lopez yang memberikan dua assist saat melawan Bayern bakal beroperasi sebagai pemain nomor 10.

Ronald Araujo, Ferran Torres, Andreas Christensen, Marc Bernal, dan Marc-Andre ter Stegen semuanya absen karena cedera. Namun, ada kemungkinan Eric Garcia bisa kembali ke dalam tim.

Robert Lewandowski tampil luar biasa musim ini, dengan mencetak 15 gol dalam 13 penampilan di semua kompetisi. Ia mengemas 12 gol dalam 10 pertandingan La Liga, dan akan terus dipercaya di lini depan.

Perkiraan susunan pemain

Real Madrid: Lunin (GK), Vazquez, Militao, Rudiger, Mendy, Valverde, Tchouameni, Camavinga, Bellingham, Vinicius, Mbappe.

Barcelona: Pena (GK), Kounde, Cubarsi, I Martinez, Balde, Casado, Pedri, Yamal, Fermin, Raphinha, Lewandowski.(*)