Reporter : Sulaiman
|
Editor : Syaifuddin Zuhrie

TANJUNG REDEB – Separuh dari kebutuhan logistik DI Pilkada Berau 2024, telah sampai di Bumi Batiwakkal, jelang pemungutan suara pada 27 November mendatang.

Mulai dari bilik dan kotak suara, tinta, kabel tis, hingga stiker segel sudah berada di gudang logistik KPU Berau, di Jalan Durian III.

“Sebagian sudah ada di gudang,” kata Ketua KPU Berau, Budi Harianto.

Saat ini, KPU masih menunggu proses pengiriman surat suara. Untuk pemilihan calon bupati dan wakil bupati Berau, serta calon gubernur dan wakil gubernur Kaltim.

Surat suara tersebut dikirim langsung dari percetakan yang berlokasi di Semarang, Jawa Tengah. Pengiriman logistik dikirim melalui moda transportasi ekspedisi kapal laut,

Menurut jadwal, surat suara sudah sampai ke Berau pada 26 Oktober nanti. Itu dipastikan, jika dalam proses pengiriman tak terhambat oleh cuaca buruk dan kondisi darurat lainnya.

Nantinya, kapal tersebut akan sandar di pelabuhan kapal laut di Balikpapan. Kemudian akan diteruskan pengiriman melalui jalur darat menuju Berau.

“Untuk giliran pengiriman diatur sama pihak ekspedisi,” ujar dia.

Budi merincikan, surat suara yang diterima KPU Berau mencapai 410.000 lembar. Terbagi dua, untuk surat suara pemilihan bupati maupun gubernur.

Surat suara yang diterima tersebut, sudah termasuk surat suara cadangan. Guna mengantisipasi potensi pemungutan suara ulang alias PSU yang sempat terjadi pada Pemilu 2024 lalu, sebanyak 5 ribu lembar.

“Setiap TPS itu disiapkan cadangan 2,5 persen dari kebutuhan surat suara,” ungkapnya.

Sebagai informasi, saat ini daftar pemilih tetap (DPT) di Berau mencapai 198 ribu pemilih.

Kata Budi, proses pelipatan kotak dan surat suara akan dilakukan di lokasi gudang Jalan Durian III. Berbeda dengan tahun sebelumnya, dimana perakitan dilakukan di GOR Pemuda Tanjung Redeb.

“Kan GOR masih dalam renovasi, jadi tidak bisa dipakai,” terang dia. (*)