Reporter : Sulaiman
|
Editor : Syaifuddin Zuhrie

TANJUNG REDEB – Pjs Bupati Berau, Sufian Agus, mengajak seluruh wisatawan, baik mancanegara maupun lokal, untuk meramaikan “Maratua Jazz Dive and Fiesta” (MJDF) 2024, yang akan berlangsung dari 22 hingga 26 Oktober mendatang.

Event akbar ini dianggap sebagai salah satu cara pemerintah untuk memastikan iklim pariwisata di Bumi Batiwakkal dan mensejahterakan warga yang bergantung pada sektor wisata.

Sama seperti tahun sebelumnya, MJDF akan melibatkan ratusan pelaku UMKM dari 13 kecamatan di Berau. Para pelaku ekonomi kreatif juga akan diperkenalkan kepada wisatawan untuk mempromosikan karya mereka.

“Event tahunan ini adalah salah satu cara pemerintah merawat semangat pelaku UMKM,” kata Agus.

Ia meyakini bahwa efek domino dari MJDF akan dirasakan oleh pelaku usaha di Pulau Maratua, mulai dari penyewaan alat transportasi laut, penginapan, hingga pedagang yang menggantungkan pendapatan pada kunjungan wisata. “Yang jelas, pemerintah akan menyajikan yang terbaik. Mari kunjungi MJDF 2024,” ucapnya.

Digelar selama hampir sepekan, MJDF tahun ini akan menyajikan berbagai rangkaian acara yang menghibur wisatawan. Pada 22 Oktober, acara akan dimulai dengan bazar UMKM.

Selanjutnya, pada 23 Oktober, akan ada aksi peduli lingkungan dengan kegiatan bersih-bersih pantai, diikuti dengan “Nunu Daing,” atau bakar ikan khas warga Maratua, serta “Mak Addat,” acara adat yang menampilkan musik tradisional.

Pada 24 Oktober, akan digelar fashion street dan panggung seni dan budaya lokal untuk memperkenalkan keragaman budaya Bumi Batiwakkal.

Pada 25 Oktober, para tamu dapat menikmati keindahan surga bawah laut Pulau Maratua yang terkenal di dunia, ditambah dengan talkshow dan coaching clinic dari profesional di bidang pariwisata.

Hari puncak, 26 Oktober, akan ditandai dengan Gala Dinner MJDF, pengumuman pemenang lomba fashion, dan ditutup dengan penampilan artis ibukota.(adv)