Reporter : Hendra Irawan
|
Editor : Syaifuddin Zuhrie

TANJUNG REDEB– Anggota DPRD Berau, M Ichsan Rapi, menekankan kepada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Berau, terkait pentingnya peningkatan kualitas pembangunan infrastruktur di daerah.

Pria yang akrab disapa Daeng Iccang ini menyebut, masih adanya proyek-proyek dengan kualitas rendah di tahun-tahun sebelumnya, harus menjadi evaluasi agar tahun ini dan tahun mendatang tidak terulang.

Ia menegaskan, pembangunan infrastruktur dasar seperti jalan, drainase, dan gorong-gorong harus berorientasi pada kualitas agar memiliki daya tahan jangka panjang.

“Jangan sampai tahun ini dibangun, tapi tahun depan sudah rusak lagi. Semua pihak yang terlibat dalam proyek harus menjalankan tugasnya dengan serius,” tegasnya, kala ditemui di gedung DPRD Berau, belum lama ini.

Iccang memastikan, pihaknya dari DPRD Berau akan terus melakukan pengawasan ketat terhadap setiap proyek yang berjalan.

Inspeksi mendadak (sidak) akan terus dimaksimalkan, guna memastikan standar kualitas dipenuhi oleh kontraktor pelaksana. Begitu juga dengan pengawasan dari DPUPR Berau terhadap kegiatan yang dikerjakan.

Dari beberapa sidak yang dilakukan, dirinya acap kali menemukan sejumlah proyek yang tidak sesuai dengan aturan dan kualitas yang diharapkan.

“Kami sering menemukan proyek fisik yang dikerjakan tidak sesuai aturan. Ini menjadi perhatian penting, agar pengelolaan keuangan daerah berjalan optimal dan dana yang dikeluarkan benar-benar bermanfaat bagi masyarakat,” tambahnya.

Ia berharap ke depannya, ada transparansi dalam setiap kegiatan proyek, baik dari sisi pelaporan anggaran maupun pelaksanaannya di lapangan.

“Kami ingin uang rakyat dipergunakan secara maksimal. Kualitas pekerjaan harus baik, tahan lama, selesai tepat waktu, dan memenuhi semua kualifikasi yang ditetapkan,” pungkasnya. (ADV)