Reporter : Hendra Irawan
|
Editor : Suriansyah

TANJUNG REDEB – Hore! Akhirnya Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Talisayan, Kabupaten Berau memiliki dokter spesialis penyakit dalam. Harapan itu terwujud setelah cukup lama masyarakat sekitar menunggu adanya dokter spesialis tersebut.

Hal itu disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Berau, Lamlay Sarie, yang menyebutkan dokter spesialis penyakit dalam tersebut bernama dr Nunik Fatmawati, dan mulai melakukan praktik pada Rabu (2/10/2024) di Talisayan.

“Benar. Mulai bulan ini sudah mulai bertugas di sana,” katanya.

Dikatakan, dengan masuknya dokter tersebut diharapkan dapat menjadi jalan bagi dokter spesialis lainnya untuk ikut mengabdi di RSUD Talisayan.

Disebutkan, untuk Rumah Sakit Talisayan, setidaknya membutuhkan 4 dokter spesialis, seperti dokter spesialis Obstetrisian dan Ginekolog (Obgynt), spesialis anak, spesialis penyakit dalam, dan dokter spesialis bedah.

“Saat ini tinggal dokter spesialis anak yang belum lengkap. Pelan-pelan kita lengkapi. Ya, Alhamdulillah, sejauh ini tidak terlalu susah memenuhi kebutuhan dokter spesialis di Talisayan,” ujarnya.

“Kalau di sana sudah terpenuhi, saya kira pemenuhan dokter di kota tidak akan sulit,” sambungnya.

Dijelaskan Lamlay Sarie, untuk Sumber Daya Manusia (SDM) sudah mulai dipersiapkan, seperti beberapa dokter umum yang kini tengah menempuh pendidikan mengambil gelar spesialis (PPDS).

Sambil menunggu pendidikan para dokter tersebut selesai, pihaknya tetap melakukan perekrutan dokter spesialis yang dianggap masih kurang.

“Karena masyarakat ini ‘kan tidak bisa menunggu,” katanya.

Adapun untuk keberadaan dokter umum di sana, hingga saat ini sudah tercukupi.

“Alhamdulillah, masih terpenuhi. Tapi tidak menutup kemungkinan ini juga berproses terkait penambahannya,” katanya. (*)