Reporter : Sulaiman
|
Editor : Suriansyah

TANJUNG REDEB – Para pemuda hingga pelajar lintas agama, mendeklarasikan diri untuk menjadi bagian dari gelaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Damai pada Pilkada 2024 ini.

Deklarasi yang digelar di Balai Mufakat Rumah Dinas Bupati Berau, Kamis (26/9/2024) itu, Dibalut dengan dialog lintas agama, bertemakan ‘Peran Pemuda Lintas Agama dalam Partisipasi Pemilu yang Damai, Bersih dan Jujur, menuju Pilkada 2024’.

Tidak hanya para pemuda dan pelajar saja, dari Pengurus Pemuda Lintas Agama (Pelita) serta Pengurus Pelajar Lintas Agama (Parlita) saja, namun para pengurus dari Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) juga turut hadir dalam gelaran itu.

Sekretaris FKUB Berau, Rachmat Hidayat, mengungkapkan bila proses deklarasi tersebut menjadi bagian penting dalam upaya untuk menjaga proses politik pada tahun ini berjalan dengan damai.

28A PEMUDA 2

Apalagi saat ini pemuda merupakan pemilih mayoritas yang memiliki hak suara. Sehingga penting untuk memiliki komitmen dalam menciptakan kondusifitas selama tahapan Pilkada berlangsung.

“Pemuda dan pelajar ini menjadi pondasi kita untuk bisa memastikan proses politik di Berau berjalan sesuai harapan,” kata Rachmat kepada berauterkini.co.id, Jumat (27/9/2024).

Saat proses dialog berlangsung, pihaknya juga memberikan materi khusus terkait sosial media (sosmed). Dimana pada era modern saat ini sosmed menjadi sorotan mata semua kalangan dalam mengenali para calon pada Pilkada tahun ini.

Karenanya, penting bagi para pemuda untuk berlaku baik, arif dan bijak dalam menggunakan sosmed. Menghindari untuk membuat konten yang mengadu-domba masyarakat.

“Teknologi ini sangat dekat dengan hidup kita, penting untuk bersikap bijak dalam menggunakannya,” katanya.

Selain itu, para pelajar hingga pemuda yang berjumlah sampai 80 orang pada gelaran itu, diminta untuk menjadi pelopor dalam menekan angka kenakalan remaja.

Hal itu pun menjadi bagian penting dalam membentuk karakter anak bangsa yang unggul pada masa yang akan datang.

“Mereka inilah pelopornya,” tuturnya.

Dalam agenda itu, FKUB mengukuhkan Duta Moderasi Beragama dan Duta Kerukunan Berau 2024 yang ditandai dengan penyematan rompi, dilanjutkan dengan pemberian piagam penghargaan kepada para duta tersebut oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau.

FKUB juga memberikan piagam penghargaan kepada para penggiat kerukunan umat beragama di Berau. Mulai dari Kemenag, Kesbangpol, tokoh perempuan, tokoh pemuda dan pemudi, tokoh agama dan tokoh lintas agama, mendapatkan piagam tersebut.

Agenda itu pun ditutup dengan pembacaan ikrar bersama para tokoh agama serta para pemuda. Menyuarkan komitmen bersama untuk mensukseskan Pilkada 2024 secara damai. (*/RH)